Jumat, 28 Januari 2011

Pentingnya Branding dalam Wirausaha

Saat ini pemerintah sedang menggalakan kewirausahaan bagi rakyat Indonesia. Mungkin bagi pemerintah hal ini adalalah salah satu jalan keluar untuk mengatasi penggangguran yang semakin lama semakin banyak. Caranya dengan memperkerjakan diri sendiri menjadi wirausaha.

Sebenarnya ide untuk menjadi wirausaha adalah ide yangmenarik. Banyak negara besar yang ekonomi mereka di sanggah oleh usaha-usaha kecil. Hanya saja memang untuk menjadi seorang wirausaha diperlukan keterampilan dan mental yang baja. Selain ketekunan, kemampuan mengelola keuangan dan kemampuan marketing sangat diperlukan.

Waduh….sulit sekali ya…? Eit…sebenarnya tidak selulit yang di bayangkan. Pertama untuk mengelola keuangan tidak perlu jago akutansi. Cukup dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan secara teliti dalam catatan sederhana sudah cukup. Tujuannya adalah untuk perencanaan dan menghitung kerugian serta keuntungan atau istilah kerennya profit and loss.

Sementara kemampuan marketing juga tidak perlu lulusan sarjana marketing. Beberapa hal dasar saja yang perlu diketahui seperti siapa target market dari produk yang akan kita jual. Dan penting juga untuk mulai menanamkan brand bagi produk kita. Karena siapa tahu produk yang kita jual atau produksi sendiri akan berkembang pesat dikemuadian harinya karena kerja keras dan ketekunan kita.

Salah satu komponen branding yang penting adalah logo. Dengan mempunyai logo yang menarik serta mencerminkan produk atau perusahaan kita, orang atau pelanggan akan mudah mengenali perusahaan atau produk kita. Setelah orang mengenali logo yang mewakili identitas perusahaan atau produk kita, maka kita dapat membangun image atau reputasi yang kita ingin agar orang rasakan terhadap kita atau produk kyang kita buat. Akan sia-sia saja bila kita membangun reputasi atau image tetapi kita belum mempunyai logo.

Sebagai contoh, produk nike. Semua orang tahu bahwa bentuk melengkung seperti contreng  itu menandakan produk-produk nike. Bila kita lihat sepatu yang dipakai seseorang dan ada tanda seperti itu, kita langsung tahu o…..orang itu pakai sepatu nike. Image itu sangat melekat di pikiran masyarakat. Ya …memang daya pikat sebuah logo dari merek yang sukses dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat akan produk tersebut.

Tapi untuk membuat logo mahal… Ya, memang membuat logo itu mahal. Karena mungkin logo adalah identitas dari suatu produk atau perusahaan, sehingga membutuhkan pemikiran yang mendalam dalam membuatnya.  Seperti designer yang membuat logo untuk perusahaan-perusahaan ternama ini:
Tapi ada kok yang mau membuat logo dengan harga yang cukup terjangkau, seperti yang bisa dilihat di: desain logo.


Bila kita sudah mempunyai sebuah logo, maka proses penanaman image dan reputasi atau istilah kerennya Branding di mulai.  Buatlah rencana pemasaran dalam bentuk tertulis. Target market kita, apa saja yang ingin kita lakukan dan kapan waktunya.  Misalkan kita akan buat bulan diskon harga pada bulan Maret dan pada bulan Januari hingga Februari kita melakuan bagi-bagi leaflet. Kenapa harus tertulis?. Agar semuanya terencana dengan baik dan kita dapat melakuan rencana dalam waktu yang tepat serta bisa kita evaluasi lagi. Sekecil apapun skala usaha yang kita miliki, sebaiknya semua dilakuakan dengan tertulis, sehingg tidak ada yang terlupa dan bisa kita baca lagi dilain waktu untuk dipelajari dan ditambah kan bila ada ide-ide baru.

Rabu, 12 Januari 2011

Profesi Dengan Masa Depan Cerah di Tahun 2011


Ingin tahu pilihan karier yang menguntungkan di tahun 2011? Simak di sini.
Apa yang terjadi di masa mendatang biasanya dipengaruhi dengan apa yang sudah terjadi di masa lalu. Seperti yang dijelaskan Chandra Ming, General Manajer JobsDB.com,  sektor-sektor yang paling membutuhkan tenaga kerja di tahun 2011 itu sangat dipengaruhi dengan perkembangan ekonomi tahun 2010.
Prediksi yang diberikan Chandra ini disesuaikan dengan fenomena yang terjadi di tahun sebelumnya. “So far , karena kami melakukan rekrutmen secara online , jadi data yang ada cukup akurat. Kecuali kalau ada perubahan ekonomi yang, misalnya, disebabkan oleh dunia politik. Kondisi politik tahun ini, apalagi tahun depan juga karena tidak ada pemilu jadi cukup mendukung, sehingga banyak pengaruh,” ujar Chandra.
Tahun 2008-2009, bisnis di Indonesia bisa dikatakan sangat menderita. Banyak sektor produksi yang tutup. Namun tahun ini, industri di segala bidang sudah mulai bergeliat lagi dan ini pertanda di tahun 2011 akan ada banyak perusahaan yang ekspansi bisnis lagi. Pertumbuhan ekonomi ini tentunya akan dibarengi dengan permintaan dan penyediaan sumber daya manusia.
1 Bidang IT di tahun depan merupakan yang paling dinikmati dan dominan. Secara riset, dunia pendidikan kurang mencetak orang-orang IT sehingga menyebabkan suplai tenaga kerja di bidang ini masih kurang, padahal permintaannya tinggi sekali. Inilah yang kemudian menjadikan nilai untuk orang-orang yang berprofesi di bidang IT sangat tinggi.
Secara spesifik, profesi yang paling banyak diminta adalah programmer untuk bahasa-bahasa khusus, seperti web programmer , web developer , serta programmer  untuk soft application .
Selain tenaga kerja yang masih kurang, naik daunnya lapangan pekerjaan di bidang ini bisa jadi dikarenakan perkembangan alat telekomunikasi yang sangat pesat. Sebut saja, smartphone  yang unggul di aplikasi. Di Indonesia saja, penggunanya sudah mencapai 2 juta orang.
2 Manufacturing  sangat tergantung dengan kondisi perekonomian. Meski perekonomian Indonesia di tahun 2008 sangat stagnan namun karena di tahun 2009 hingga 2010 mampu berkembang pesat, bidang ini kemudian melesat kembali di tahun 2011. Contohnya, pabrik-pabrik yang memproduksi makanan.
3 Properti tak pernah lekang dimakan waktu, khususnya tahun 2010 ini. Pasalnya, ranah ini sangat dekat dan diperlukan masyarakat. Tengok saja ke sekeliling, tanah kosong yang ada di sekitar rumah kita tak butuh waktu lama untuk diubah menjadi ruko, apartemen atau perumahan.
Sayangnya lonjakan yang sangat tinggi ini tidak diiringi sumber tenaga kerja yang memadai, padahal industri ini yang paling menyerap tenaga kerja terbanyak. Misalnya, saat developer membangun apartemen, pastinya juga akan membutuhkan tenaga kerja di bidang interior, manajemen, marketing , dan lainnya. Nah, tenaga kerja inilah yang kurang tersedia.
Tahun 2009, permintaan terhadap tenaga kerja di bidang properti adalah 1000 pekerja, tahun ini diperkirakan hampir 4000 pekerja dan itu masih akan bertambah di tahun depan.
4 Jika beberapa tahun lalu bidang jasa tidak terlalu besar kebutuhannya, lain halnya dengan saat ini. Salah satunya yang dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat untuk menyegarkan diri. Sebut saja bisnis travel yang makin berjamur seiring adanya tol Cipularang yang memancing banyak orang untuk datang ke Bandung. Tahun 2011, jenis usaha semacam ini diperkirakan akan semakin banyak dengan keuntungan yang tak sedikit, asalkan diurus dengan baik tentunya.
5 Manajemen konsultansi seperti training  dan seminar tentang strategi bagaimana menjadikan perusahaan lebih berkembang lagi semakin dibutuhkan. Tak hanya perusahaan besar, lho, bahkan perusahaan yang sedang berkembang pun tak ingin ketinggalan ingin memajukan perusahaannya untuk merapikan manajerial mereka.
Enterpreuner  alias wirausaha tentunya tetap unjuk gigi di tahun 2011, apalagi peluang usaha semakin banyak. Tanpa perlu repot menyewa atau membangun tempat, usaha sendiri yang dilakukan secara virtual sudah banyak meraup keuntungan. Yang jelas, untuk usaha ini, selain modal dibutuhkan juga keberanian.
Jadi sudah tahu pilihan karier Anda di tahun depan?
Tahun Kelinci yang Menguntungkan 
Menurut DR. Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo (Feng Shui School Indonesia), tahun Kelinci Logam yang jatuh di tahun 2011 ini akan diwarnai perselisihan pendapat, konflik, dan pertengkaran namun juga membawa banyak keuntungan.
Melalui penghitungan Fengshui, didapatkan hasil bahwa unsur Kayu dari shio Kelinci harus diselaraskan dengan unsur Air agar tak bertentangan dengan elemen Logam. Selain itu, elemen yang mengendalikan (melelehkan) Logam adalah Api. Maka selain Air, yang menjadi pencipta keharmonisan adalah elemen Api.
Karena inilah usaha atau bisnis yang berkecimpung di dunia makanan, minuman, komunikasi, konsultasi, dan mediasi akan sangat dibutuhkan di tahun 2011. Pasalnya profesi tersebut terkait dengan unsur Air atau unsur Api. Dan, dengan memperhatikan karakteristik Kelinci yang mendambakan kedamaian di tahun depan ini, maka perhatian utama ada pada urusan keharmonisan hubungan, perdamaian, makanan, dan lingkungan hidup (interior).
Jadi, jika dikategorikan menjadi lima, profesi yang paling menjanjikan di tahun 2011 adalah:
1 Marketing.
2 Pengacara/hukum, mediator dan konsultan (yang menggunakan mulut).
3 Dunia hiburan/entertainment (artis film, penyanyi, presenter, pelawak dan lain-lain yang menggunakan mulut).
4 Kafe dan restoran (bahan yang dimakan/makanan).
5 Interior, lingkungan hidup, properti.