Minggu, 03 Februari 2013

Mengapa Banyak Kubu di Kantor?

erbentuknya kelompok-kelompok dalam lingkungan kerja, apalagi masing-masing di antaranya punya tujuan tertentu, merupakan salah satu bentuk politik kantor yang bisa saja kita temui. Percaya atau tidak, untuk sebagian kaum profesional, ini sudah menjadi hal biasa, ibarat makanan sehari-hari. Inilah lima hal yang mendasari mengapa politik kantor tercipta:

  1.  Keinginan untuk terus mendapat pujian atau meraih promosi dengan cara "berstrategi", bukannya pada fokus untuk menampilkan produktivitas dan performa kerja sesungguhnya.
  2. Adanya ambisi untuk meraih kewenangan khusus, mendapatkan dispensasi khusus, kemudahan-kemudahan khusus dengan cara mudah dan cepat.
  3. Adanya kelemahan atau ketidakjelasan pada prosedur kerja. Monitoring kerja di perusahaan, sehingga memungkinkan menyebarnya virus "potong kompas".
  4. Rasa cemburu antar karyawan, diperparah dengan keterampilan komunikasi yang kurang berkembang. Hingga karyawan memilih bergosip, sikut-sikutan untuk menyisihkan pihak-pihak yang kurang disukai.
  5. Untuk menyukseskan strategi, akan mudah dilakukan bersama-sama (dalam tim) dibanding sendiri. Tak heran kalau di kantor Anda terbentuk kubu-kubu, terdiri atas karyawan atau geng, maka dianggap semakin aman (mayoritas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar