Senin, 07 Maret 2011

Jurus Utama Pintar Menabung

Pepatah mengatakan, hemat pangkal kaya. Jane Chatzky, seorang penasihat finansial, dalam bukunya berjudul 'Make Money, Not Excuses,' mengungkapkan sejumlah cara yang dapat Anda lakukan sejak sekarang untuk menimbun pundi-pundi uang. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang diberikan pakar keuangan tersebut seperti dikutip situs oprah.com: 

Menabung otomatis 
Daftarkan diri untuk fasilitas automatic savings plan di bank tempat Anda menabung. Dengan demikian, sejumlah uang tertentu akan ditransfer secara otomatis ke dalam rekening terpisah milik Anda setiap bulan. Agar tidak tergoda mempergunakan dana, jangan membuat kartu ATM untuk rekening tersebut. 

Bijak membeli 
Biasakan diri berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu yang tidak direncanakan sebelumnya. Jika Anda sedang berada di toko, tunda membeli suatu barang selama 24 jam sebelum kembali ke toko itu dan memutuskan untuk membelinya. Jika Anda sedang belanja online, taruh barang tersebut di keranjang belanja dan tinggalkan situs tersebut. Ketika Anda kembali membuka situs itu keesokan harinya, maka situs tersebut kemungkinan akan mengingatkan Anda. 

Pembelian impulsif bisa membuat orang menghambur-hamburkan uang demi pengeluaran yang tidak perlu. Jadi, tak ada salahnya menekan tombol 'pause' sebelum membeli. 

Lindungi skor kredit 
Skor kredit merupakan angka yang digunakan lembaga-lembaga keuangan seperti perusahaan asuransi atau kreditur, untuk menaksir tanggung jawab Anda. Agar aman, usahakan memiliki skor kredit mendekati 800. 

Dua langkah mudah yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan skor kredit, yakni membayar tagihan tepat waktu dan melunasi saldo pada kartu kredit, khususnya yang nyaris mendekati batas maksimum. 

Lunasi kartu kredit 
Ambil tabungan Anda untuk membayar lunas utang kartu kredit dengan tingkat suku bunga tertinggi. Tindakan ini masuk akal, sebab Anda kemungkinan hanya mendapatkan bunga tiga sampai empat persen untuk tabungan. Sedangkan untuk kartu kredit, Anda bisa dikenai bunga sebesar 16, 18, bahkan 24 persen. 

Gunakan kartu debit 
Sisihkan kartu kredit Anda dan mulailah menggunakan kartu debit untuk melakukan pembayaran. Dengan cara itu, Anda akan terhindar dari risiko belanja gila-gilaan dan terjebak dalam belitan utang di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar