Selasa, 20 Mei 2014

Tips Bebas Stree di Kantor


a, stress merupakan bagian dari kehidupan. Gejala stres bisa muncul dimana saja dan tanpa mengenal waktu. Stres bisa datang dari pikiran kita sendiri, tubuh serta lingkungan sekitar. Stres dalam ilmu kedokteran bisa diartikan sebagai ketegangan atau tekanan yang bisa mengganggu tubuh. Sedangkan dari sudut psikologis, stres merupakan sesuatu yang dianggap mengganggu ketika sedang menghadapi suatu masalah dan dalam proses beradaptasi. Dalam lingkungan kerja, stres mudah sekali menyerang, contohnya ketika pekerjaan sedang banyak, dikejar <em>deadline</em> dan tidak mampu menyelesaikannya, maka rentan sekali mengalami stres. Lingkungan pekerjaan, bahkan juga Anda sendiri, bisa menjadi pemicu utama stres dari pekerjaan kantor. Ada beberapa taktik untuk melepaskan diri dari stres yang berasal dari pekerjaan kantor:


1. Kenali Pemicu Stres
Bagaimana Anda bisa memerangi pemicu utama dari kenaikan emosi di kantor? Mulailah untuk mengenali kegiatan harian Anda dan pekerjaan atau proyek yang memicu performa Anda ke dalam level stres dan bagaimana Anda mengubahnya. Jika masalahnya berhubungan dengan posisi Anda di kantor, cobalah untuk fokus pada hal positif selama masa jenuh itu dan cobalah mencintai kembali pekerjaan Anda.

Tapi saat Anda berada dalam keraguan, cobalah berjalan keliling ruangan dan mempertimbangkan untuk bicara dengan atasan Anda tentang merubah sesuatu yang bisa membuat Anda terus termotivasi dan berkembang. Jika setiap hari Anda merasa resah, luangkan waktu untuk berpikir tentang gambaran yang lebih besar, pilihan karier dan langkah yang Anda perlu ambil untuk sebuah perubahan besar.

2. Fokus pada Kekuatan dan Apa yang Anda Miliki
Margaret Wehrenberg, penulis buku The Anxious Brain, memiliki saran yang sangat berguna untuk bisa mengatasi stres keuangan. "Pikirkan apa yang Anda miliki saat ini. Hari ini Anda baik-baik saja. Fokuslah pada apa yang Anda miliki dan bukan yang tidak Anda miliki."
Sarannya untuk tidak perlu khawatir dan kerjakan saja dengan baik. Mungkin kedengarannya terlalu optimistis. Tapi melawan kegelisahan dengan produktivitas akan selalu jadi ide yang bagus dan pendekatan yang proaktif dalam membantu mengatasi stres keuangan dan karier.

3. Bersihkan Meja Kerja
Meja yang berantakan bisa membuat kacau pikiran. Dan bahkan meja kerja yang kotor akan berefek lebih buruk lagi. Jika Anda merasa tekanan semakin meningkat, bersihkan ruangan Anda dan hilangkan semua kekacauan yang ada di sana.

4. Temukan Cara Murah dan Sehat untuk Bersantai
Membiarkan kepala Anda tenang setelah menjalani hari yang berat bukanlah hal mudah bagi semua orang. Akan sangat penting untuk melupakan hari kerja yang menyebalkan saat Anda meninggalkan kantor dan menghibur diri sendiri. Tapi kuncinya di sini adalah bukan untuk meminta bantuan dari terapis.

5. Berlibur
Liburan bisa menjadi sangat efektif untuk membersihkan isi kepala Anda saat stres yang Anda hadapi setiap harinya menjadi sangat berlebihan dan yang paling utama, liburan memberikan Anda waktu untuk menikmati hidup tanpa perencanaan apa pun. Tidak bisa pergi jauh dari rumah? Jalan-jalan di seputar kota merupakan alternatif lain. Rencanakan untuk hari tanpa e-mail di hari sabtu. Dan jangan lupa jadwalkan waktu untuk diri sendiri


- Cara beradaptasi dengan stressor yaitu dengan mengubah sikap Anda. Hal ini bisa dicapai dengan memiliki pandangan yang lebih positif dan menetapkan standar dengan lebih realistis.

- Menerima stressor adalah menerima tentang hal-hal yang tidak dapat dihindari dan tak terkendali. Jadi Anda juga harus bersiap untuk menerima segala tantangan.

- Anda perlu meluangkan waktu untuk rileks, bersenang-senang dan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar