Kamis, 08 November 2012

5 Cara Dapatkan Promosi


ika Anda sedang berharap mendapat promosi namun kerapkali terlewatkan, jangan bingung dan stres. Sebenarnya ini sangat bergantung pada apa yang akan dilakukan kedepan. Coba perhatikan beberapa kiat dari Lindsay Olson  (mitra pendiri dan PR perekrut Staffing Paradigma dan Hoojobs.com),berikut yang dapat mempengaruhi jenjang karir Anda.

1. Tahan emosi negatif.
Jika Anda merasa layak akan promosi dan tak mendapatkannya, Anda mungkin akan marah, bingung dan meluap-luap. Coba tahan dulu emosi sampai Anda tahu seluruh situasinya. Bagaimanapun, Anda mungkin tidak tahu seluruh cerita dibalik sebuah promosi yang didapat rekan yang lain. Bisa jadi, rekan tersebut lebih berkualitas daripada Anda. Atau mungkin, atasan sedang memiliki visi untuk meletakkan Anda di  peran yang berbeda.
Apapun yang Anda rasakan, cobalah bersikap diplomatis dan netral dalam bereaksi. Melepas emosi tidak membuat Anda meraih posisi yang lebih baik. Sebaliknya, luangkan waktu berkumpul kembali dengan rekan kerja dan pertimbangkan langkah selanjutnya.

2. Temukan kebenaran.
Jika Anda telah merasa nyaman, berbicaralah dengan atasan tentang hal ini. Dari sana Anda dapat menemukan beberapa kunci untuk lebih  meningkatkan  diri Anda. Bisa jadi, ada kekurangan di salah satu kualifikasi yang diperlukan untuk sebuah promosi. Jika demikian, fokus pada peningkatan keahlian Anda sehingga di lain waktu atasan tidak punya alasan untuk tak memberi Anda promosi. Ini lebih baik ketimbang merajuk karena Anda tidak dipromosikan. Sebaiknya gunakan ini sebagai pengalaman belajar agar lebih baik secara profesional.

3. Atur ancangan diri sendiri.
Berbekal informasi mengenai bidang profesional yang butuh dikembangkan, buat rencana bagaimana Anda akan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk naik jenjang karir di perusahaan. Kendati Anda dapat menetapkan ancangan internal secara pribadi yang ingin dicapai, Anda juga dapat berbicara dengan atasan untuk menetapkan rencana mencapai ancangan tertentu dan dipertimbangkan pada sebuah promosi.
Pastikan ancangan ini jelas terdefinisi. Kadangkala, perusahaan sudah menetapkan apa yang dicari. Buatlah daftar dan sepakati bersama-sama.

4. Tips meningkatkan peluang mendapatkan promosi di kesempatan kedua
Jika telah mengetahui keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi yang Anda inginkan, lakukan upaya untuk mendapatkan keterampilan yang kurang. Cobalah   meningkatkan diri untuk meraih kesempatan dipromosikan. Bisa dengan mengambil kelas, pelatihan, atau terlibat dalam proyek-proyek tambahan.
Jangan merusak hubungan dengan atasan, hanya karena atasan tidak mempromosikan bukan berarti dia tidak berpikir Anda seorang pekerja terampil. Jaga jalur komunikasi tetap terbuka.
Sepakati tolok ukur untuk mencapai atau memenuhi syarat promosi di waktu berikutnya. Anda juga dapat berbicara dengan orang lain yang telah naik jabatan untuk mendapat saran tentang bagaimana agar lebih sesuai dengan persyaratan promosi.
Tetap jaga jaringan! Karena, semakin banyak orang yang ditemui, mereka dapat memberi Anda saran yang dapat membantu.

5. Waktunya undur diri.
Kadang-kadang orang tidak dipromosikan bukan karena kurangnya jasa yang diberikan pada perusahaan, akan tetapi hanya karena perusahaan atau atasan bias maupun tidak punya niat menawarkan jabatan bagi karyawan yang berkualitas dan layak. Dalam situasi ini, Anda mungkin perlu mempertimbangkan alih pekerjaan. Sebagai seorang karyawan, Anda pasti ingin diakui atas kerja keras yang sudah dilakukan. Dan, jika Anda tidak mendapatkannya setelah beberapa tahun mengabdi maupun setelah berbicara dengan atasan dan memperbaiki diri inilah saatnya yang tepat untuk pergi dari perusahaan ini.
Jika tidak ada harapan untuk dapat dipromosikan, Anda mungkin perlu mencari kesempatan di perusahaan atau divisi lain. Jujurlah pada diri sendiri, bisa jadi terlewat dari sebuah kesempatan promosi berarti Anda tak cocok untuk pekerjaan saat ini. Anda perlu mempertimbangkan peran lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar