Kamis, 08 November 2012

Strategi Menjadi Pemilik Butik


Memiliki bisnis sendiri seringkali menjadi impian banyak orang yang selama ini bekerja 9-5. Jam kerja yang fleksibel, tidak ada atasan yang menyebalkan dan memilih bidang yang benar-benar Anda sukai menjadi kelebihan membuka bisnis sendiri. Bagi Anda para wanita, membuka butik pasti merupakan pilihan yang menarik. Selain sesuai dengan hobi berbelanja Anda, bisnis ini memungkinkan Anda selalu up to date dalam fashion.

Sayangnya, banyak dari Anda yang tidak mau memulai simply because you don’t know where to start. Atau, justru Anda bingung bagaimana me-maintain bisnis butik Anda? Karena membuka butik cukup mudah, membuatnya bertahan dan sukses tentu tidak mudah. Tapi, dengan persiapan matang, semua bukan tidak mungkin.  Semoga tips dari Hers dapat membantu Anda membuka butik perdana Anda!

Learn
Untuk memulai suatu bisnis, Anda benar-benar harus memahami bidang yang Anda pilih. Mulailah belajar melalui buku-buku atau artikel di internet dan majalah mengenai industri fashion maupun dunia bisnis sendiri. Pengetahuan marketing juga akan sangat membantu bisnis Anda, terutama bagi Anda yang berniat untuk memulainya dari bentuk butik kecil dengan karyawan terbatas. Marketing akan sangat membantu Anda mempromosikan butik Anda dengan cara yang efektif.

Concept
Tentukan konsep yang matang untuk butik Anda. Mulai dari interior, ciri khas dari barang yang akan Anda jual sampai barang apa saja yang akan Anda jual. Apakah difokuskan pada satu produk seperti shoes shop, clothing shop atau accessories atau gabungan dari seluruh barang fashion. High end shop atau affordable shop, dan lain sebagainya. Toko yang memiliki ciri khas akan lebih diingat para pembeli.

Product
Setelah menentukan barang yang akan Anda pajang, langkah berikutnya adalah tentukan cara mendapatkannya. Apakah Anda akan men-designnya sendiri, bekerjasama dengan whole-seller atau designer tertentu, membelinya langsung ke luar negeri. Pertimbangkan baik buruk dari keduanya, dan pastikan pembelian yang Anda pilih mendukung konsep butik Anda nantinya. Contohnya, bila Anda berniat membuka high-end butik yang khusus menjual tas branded, ada baiknya Anda membelinya sendiri ke luar negeri dengan harga lebih murah. Atau, bila Anda berniat membuka konsep toko affordable clothes, Anda bisa membelinya melalui whole-seller tertentu. Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis sepatu, Anda bisa bekerjasama dengan pengrajin sepatu di daerah untuk memasuk pesanan sepatu bagi butik Anda.

Location
Pilih lokasi bisnis yang strategis. Pastikan Anda memilih area yang banyak dilalui calon konsumen yang menjadi target pembeli butik Anda. Bila Anda berniat menjual designer clothing yang cukup mahal, tempat di area yang dikelilingi pemukiman mewah dengan traffic cukup ramai bisa menjadi pilihan Anda. Namun bila Anda tidak mau repot, pilih daerah yang mengharuskan orang berjalan kaki. Seperti mall, ruko atau shopping district.

Finance
Hitung pengeluaran yang kira-kira akan Anda habiskan untuk butik ini dan amankan dananya dalam rekening khusus di bank. Bila Anda belum siap dengan dana tunai milik Anda sendiri, Anda bisa meminjam uang dari bank, keluarga atau bahkan sekalian mengajak kerabat Anda menjadi partner dalam pengelolaan bisnis ini. Bila Anda memilih untuk meminjam dari bank, Anda harus siap dengan rancangan dana bisnis yang solid untuk meyakinkan bank meminjamkan dananya pada Anda.

License
Segera urus surat-surat penting pendukung kelancaran bisnis Anda. Mulai dari surat izin usaha, sampai surat yang menyatakan bahwa lokasi yang Anda pilih merupakan lahan usaha resmi. Lebih baik rumit berurusan dengan pihak berwajib di awal, daripada nantinya Anda akan kesulitan.

Promotion
Buka pintu butik Anda luas-luas bagi para calon pelanggan. Dimulai dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman-teman. Manfaatkan jaringan social network untuk mempromosikan butik Anda. Berikan discount dan paket promosi secara berkala karena pembeli selalu menyukai kata discount dan promosi yang menguntungkan.  Bagi Anda yang memilih jalur affordable clothes atau pernak-pernik unik, jangan malas untuk mengikuti bazaar-bazaar di kota Anda agar calon pembeli semakin aware dengan brand yang Anda tawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar