Kamis, 08 November 2012

Side Job Ideas


Kerja sampingan bisa dalam bentuk bekerja paruh waktu (part-time) atau menjadi pekerja lepas (freelancer). Bekerja part-time kurang-lebih sama dengan bekerja pada perusahaan atau pemilik kerja, hanya saja waktu kerja mereka tidak full. Freelancer lebih digandrungi lagi. Menjadi freelancer adalah jawaban bagi orang-orang yang mendambakan kebebasan dan kepuasan dalam bekerja. Jasa yang ditawarkan oleh freelancer biasanya berhubungan dengan hobi atau keahlian. Dengan kata lain, mereka dibayar untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai dan kuasai.

Mencari pekerjaan seperti ini sekarang sudah sangat mudah. Pintu bagi para part-timer dan freelancer kini semakin terbuka lebar dengan banyaknya lowongan kerja yang tidak melulu mencari pekerja full-time. Anda bisa juga menciptakan kesempatan kerja lain yang lebih kreatif dengan menggali keahlian dan kemampuan Anda lebih dalam. Sebagai pancingan, hers berikan beberapa ide pekerjaan sampingan yang pernah atau mungkin belum pernah ada di Indonesia.

English Tutor

Di luar negeri khususnya di kebudayaan Barat, liburan musim panas digunakan sebagai peluang mencari penghasilan tambahan. Salah satu pekerjaan yang digandrungi adalah menjadi guru les privat. Di Indonesia, guru les privat Bahasa Inggris adalah yang sering dicari. Lowongan pekerjaan sebagai guru Bahasa Inggris part-time juga semakin marak. Targetnya biasanya adalah anak-anak TK hingga pelajar tingkat SMU. Upah menjadi seorang guru les privat Bahasa Inggris dimulai dari Rp. 100.000/sesi.

Tour Guide

Suka jalan-jalan dan merasa mengenal kota Anda dengan baik? Bagi pengetahuan Anda dengan orang lain. Banyak lho turis-turis yang butuh dipandu. Daripada harus ke travel agent dengan bayaran yang lebih mahal, Anda bisa menawarkan jasa tour guide dengan harga yang jauh lebih murah. Selain wawasan tentang tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, modal yang wajib dimiliki adalah transportasi.

Freelance Writer/Copywriter

Punya bakat menulis? Gunakan sebagai modal untuk mencari uang. Anda bisa menawarkan jasa menulis laporan, blog, artikel, review atau press release kepada orang-orang yang membutuhkan. Jika ingin menjadi kontributor koran, tabloid, blog atau majalah, pastikan Anda dibayar dan bukan sekadar penulis ‘sukarela’. Penghasilan kontributor bisa mencapai Rp. 250.000 hingga Rp. 500.000/artikel. Kalu Anda lebih tertarik di bidang advertising bisa mencoba menjadi copywriter.

Translator

Pekerjaan ini hampir mirip dengan penulis, tapi lebih fokus pada menerjemahkan artikel dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya. Lowongan kerja sebagai translator dapat dengan mudah Anda temui kolom-kolom pencari kerja. Bahasa asing lain yang kerap membutuhkan penerjemah di Indonesia adalah Bahasa Jepang dan Bahasa Mandarin.

Music teacher

Mengambil kelas di sekolah musik atau tempat kursus musik lainnya cenderung mahal. Nah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan mengajar musik di rumah dan pastinya harga yang lebih terjangkau.

Fitness Instructor or Personal Trainer

Apabila Anda memiliki passion dan wawasan di bidang fitness dan kesehatan, Anda bisa melamar sebagai fitness instructor atau personal trainer part-time di salah satu pusat kebugaran. Pekerjaan ini umumnya mencari laki-laki, tapi tidak ada salahnya Anda mencoba. Persyaratan lain yang biasanya diminta adalah tubuh yang fit dan proporsional, ramah, dan mampu berkomunikasi dengan baik.

Part-Time Online Admin Officer

Seiring maraknya jejaring sosial, peluang bisnis dan kerja semakin besar. Salah satunya menjadi online admin officer. Apa itu online admin officer? Orang dibalik akun sebuah jejaring media. Yang membutuhkan pekerja ini biasanya online shop, perusahaan E-commerce dan sejenisnya, untuk meng-update kabar terbaru dan menulis deskripsi produk.

Waitress/Bartender

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan ini. Waitress atau bartender bekerja berdasarkan shift dan umumnya berbeda-beda setiap harinya.

Pet Service

Yes, it is what you think you are. Persis seperti yang Anda sering lihat di televisi. Pet service ini tidak sebatas mengajak jalan-jalan bintang peliharaan, Anda bisa juga menawarkan jasa grooming hewan keliling dari rumah ke rumah atau perawatan lain. Why not? Toh banyak sekali orang Indonesia yang memlihara binatang. Siapa tahu banyak peminatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar