Kamis, 08 November 2012

Karir yang Menjanjikan di Masa Depan

Seiring berkembangnya zaman, banyak lahan pekerjaan baru yang ikut terbuka. Mulai dari teknologi hingga fashion, tenaga kerja baru selalu dibutuhkan untuk mengikuti majunya gaya hidup manusia saat ini. Sebuah nilai plus bagi Anda yang masih berada dalam usia muda dan produktif. Lapangan pekerjaan baru ini biasanya lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari Anda dan lebih mudah untuk dipahami. Apa saja mereka?

Social Media Analyst

Membicarakan lifestyle masa kini, tak bisa terlepas dari topik seputar social media. Facebook, Twitter, LinkedIn, Myspace, you name it! Berawal dari situs pertemanan biasa, media sosial ini kemudian memiliki dampak luar biasa berkat jaringan penggunanya di seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan pun mulai meliriknya sebagai bentuk media promosi yang baru dan efektif. Karena itu, seorang Social Media Analyst (SMA) pun mulai dibutuhkan.

Apa saja kerjanya? Tentu membuat dan memantau perkembangan akun-akun perusahaan tersebut di berbagai media sosial. Tak hanya itu, seorang SMA juga bertanggung jawab akan konten website maupun blog yang dimiliki perusahaan, merancang future campaigns yang berkaitan dengan dunia virtual (bekerjasama dengan marketing and customer service department), serta menjalankan rancangan campaign yang mereka buat. Meskipun social media telah menjadi bagian hidup Anda sehari-hari, pekerjaan ini sama sekali bukan hal yang mudah. Karena setiap channel sosial media ini membutuhkan immediate response, seorang SMA dituntut untuk cepat menanggapi semua komentar dan pertanyaan yang masuk serta mengupdate informasi yang berkaitan dengan perusahaan. Syarat utama untuk menjadi seorang SMA, tentu saja Anda harus mengenal dan mencintai seluk beluk dunia teknologi.


HeadHunter

Pernah bayangkan bagaimana sulitnya bagi sebuah perusahaan untuk mencari tenaga kerja yang kompeten dengan tumpukan CV dan proses interview yang rata-rata hanya memaparkan kelebihan dari seorang pelamar? Ketika kapabilitas seseorang sangat krusial bagi suatu posisi di perusahaan, maka perusahaan akan menggunakan jasa seorang Headhunter.

Seorang Headhunter biasanya tergabung di sebuah Headhunting/Executive Recruiting Firm. Firma ini yang kemudian menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan. Biasanya sebuah firma menangani perusahaan-perusahaan dari background serupa. Ketika sebuah terdapat sebuah posisi kosong di perusahaan itu, barulah Headhunter bekerja untuk mengisinya. Untuk mencari kandidat yang tepat, Headhunter menggunakan berbagai sumber seperti internet ataupun professional journals. Bisa juga berdasarkan referensi dari beberapa koneksi terpercaya. Dalam hal ini, perusahaan juga bisa meminta orang tertentu untuk kemudian Headhunter membuat penawarannya agar sang kandidat tertarik. Setelahnya, ia harus mempresentasikan kandidat yang dipilih di hadapan dewan perusahaan agar menemukan kecocokan. Seorang Headhunter harus memiliki sifat hardworking, outgoing, sales-oriented and ambitious. Sedangkan background dari ilmu human resources, sales, public relations, and educations akan sangat membantu.


Application Developer

Pernah membayangkan bagaimana berbagai software yang Anda gunakan di PC, laptop, ataupun gadget lainnya dibuat? Well, bila Anda penasaran, seorang Application Developer (AD)-lah yang bertanggung jawab akan software-software tersebut. Pekerjaan mereka mencakup pembuatan kode dan spesifikasi lain yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi, serta menggunakan somputer programming languages and development tools untuk mendesain, membangun, testing, mengimplementasikan dan mendukung jalannya sebuah aplikasi. Seorang AD biasanya bekerja bersamaan dengan beberapa software professionals lainnya seperti system analysts dan engineer.


Untuk computer, dibutuhkan seorang Java Application Developer, sementara Web Application Developer lebih bertanggung jawab pada aplikasi yang bisa Anda temukan di berbagai websites. Sementara khusus untuk beberapa perusahaan dengan aktivitas berbasis Oracle, bahkan dibutuhkan Oracle Application Developer sendiri. Lalu ada juga Database Application Developer yang bertugas menjalankan program untuk beberapa database. Ilmu dari jurusan Information Technology (IT) akan sangat membantu Anda bila ingin berkarier di bidang ini.


Genetic Counselor
Tak hanya dokter dan suster yang akan memiliki peran besar dalam dunia medis, Genetic Counselor (GC) pun akan memiliki peran pentingnya sendiri. Seorang GC akan membantu pasien memahami sejarah genetis dalam sebuah keluarga, dan ini akan sangat bermanfaat untuk mengenal dan memprediksi jatuhnya penyakit-penyakit keturunan. Mereka akan banyak menghabiskan banyak waktu berkonsultasi dengan pasien, mengenal jelas setiap pasien dari sejarah kesehatan mereka dan mengevaluasi setiap data dengan teliti.

Mereka juga yang bertanggung jawab menyiapkan beberapa alternatif solusi bagi pasien yang memiliki penyakit keturunan dalam keluarganya. Tak hanya itu, GC yang akan membantu Anda memeriksa keabsahan identitas medis mengenai diri Anda dan keluarga. Di masa yang akan datang, diyakini mereka bahkan akan mampu memenuhi permintaan jenis kelamin tertentu bagi pasangan yang sedang mengandung. With the help of genetic counselors, families can educate themselves on available genetic technologies and options.


Personal Buyer

Meskipun menjadi kegiatan yang paling disukai wanita, but this activity is a bit tricky. Bila Anda tidak cermat memilih barang Anda bisa berakhir dengan rasa menyesal karena membeli barang yang kurang cocok atau bahkan rugi karena kualitasnya tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Buntutnya, barang yang Anda pilih hanya mendekam di lemari atau bahkan tak terpakai sama sekali. Bagaimana cara menyiasatinya? Gunakanlah jasa para Personal Buyer (PB)!

Di Indonesia, orang-orang yang bergerak dalam bidang ini memang hanya bisa ditemui secara personal lewat promosi dari mulut ke mulut. Meskipun lebih suka menyebut dirinya sebagai independent reseller, duo Fitria Yusuf dan Alexandra Dewi yang baru saja meluncurkan buku “Hermes Temptation” dapat dikategorikan ke dalam aktivitas PB. Lewat mereka, Anda bisa mendapatkan tas Hermes asli dengan menghemat waktu dan biaya. Bagaimana tidak, bila Anda mengantre di konter resminya, barang itu baru bisa sampai di tangan Anda dalam kurun waktu bertahun-tahun. Namun lewat PB dan koneksi yang mereka miliki, Anda bisa mendapatkannya secepat mungkin. Pengalaman mereka dalam dunia fashion dan bisnis juga menjadikan mereka teman berdiskusi yang baik seputar barang yang cocok dengan style Anda sekaligus berkualitas. Tak perlu ada background khusus untuk menjadi seorang PB, yang terpenting Anda memiliki koneksi yang luas dalam dunia fashion, pengetahuan yang cukup luas seputar update barang terbaru dalam industri fashion dan fashion sense yang oke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar