Kamis, 08 November 2012

Cara Menjadi Fashion Designer


Anda suka sekali melakukan mix n match kepada penampilan Anda. Menonton acara-acara fashion show secara langsung maupun di TV menjadi hobi Anda. Ketika membuka majalah atau website, bukan wajah tampan dan cantik para selebriti di kamera yang menjadi perhatian Anda, tapi apa yang mereka kenakan. Terakhir, Anda menganggap desainer handal adalah seorang selebriti dan role model. Maka, mungkin menjadi fashion designer merupakan karier yang cocok bagi Anda. Masuk ke sekolah mode bukan satu-satunya jalan. Ada banyak cara yang harus Anda tempuh. Apa saja?

Choosing A Strategy
Siapa bilang menempuh karier sebagai fashion designer tidak membutuhkan strategi? Pertama-tama, Apa yang akan Anda pilih sebagai fokus rancangan Anda? Ralph Lauren mendirikan Polo setelah mengirimkan koleksi dasi kecil temuannya ke Bloomingdales. Helmut Lang membuka tokonya sendiri ketika ia tidak bisa menemukan t-shirt yang ia sukai. Michael Kors memperkuat jaringan pembeli dengan menjual pakaiannya di butik-butik trendy di New York. Anda yang belum memiliki cukup modal untuk mendirikan butik atau fashion line Anda sendiri, masuk ke sekolah mode ternama bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Sekolah fashion yang tepat akan membuat Anda mengerti teknik terbaik dan memberikan resume yang baik bagi Anda.

Applying To A School
Pilih sekolah fashion terbaik melalui beberapa tahap research. Tanya orang-orang terdekat dan cari informasi sebanyak-banyaknya seputar sekolah fashion terbaik di kota Anda. Mengumpulkan gambar rancangan biasanya menjadi salah satu syarat, untuk itu siapkan portfolio gambar terbaik Anda untuk membuat pihak sekolah terkesan. Di masa liburan sekolah, sebaiknya habiskan waktu Anda untuk kursus menjahit sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan selama proses belajar. Bila Anda tidak bisa menggambar dengan baik, Anda bisa mengekspresikan ide Anda dengan manekin yang kemudian Anda foto untuk portfolio.

What School Will Do For You
Sebagian besar program fashion berlangsung dalam kurun waktu 3 – 4 tahun. Selama waktu itu Anda akan belajar menggambar, mengenali komposisi warna dan bentuk. Anda juga akan mempelajari pembuatan pola, teknik melipad dan memotong khusus. Yang terpenting adalah, sekolah mode ternama memiliki hubungan dekat dengan industry fashion yang sesungguhnya, sehingga tidak sulit untuk melangkah ke dalamnya. Bila Anda bisa mendapatkan penghargaan khusus dari sekolah, banyak desainer ternama dan department store besar yang akan melirik Anda untuk bekerja di rumah modenya .

Alternative Routes
Dalam dunia kreatif, sekolah mode bukan keharusan. Jalan terbaik adalah justru dengan melamar ke rumah mode, usaha pembuatan baju atau pembuat pola dan magang disana. Anda tidak hanya akan belajar langsung mengenai industri fashion yang sesungguhnya, tapi juga mempraktekkan ilmu yang Anda punya. Hedi Slimane yang bersinar di rumah mode Dior justru mengantongi gelar jurnalisme dan terjun ke dunia fashion design setelah bekerja di rumah mode Jos Levy. Yang Anda harus ingat, kompetisi merupakan sesuatu yang jahat. Sulit untuk mendapatkan pekerjaan tanpa gelar khusus. Tapi dengan portfolio yang menarik, Anda pasti bisa masuk ke dalamnya.

Understanding The Business
Ketika Anda tercebur ke dalam sebuah industri, Anda tidak bisa menutup mata pada sektor bisnis. Anda akan menjual rancangan Anda, untuk itu Anda harus benar-benar mengerti seluk beluk dunia bisnis. Tidak terlalu sulit kok. Anda hanya harus rajin membaca majalah dan website fashion ternama baik luar maupun lokal, perbanyak sumber informasi Anda. Tonton acara-acara fashion design reality show seperti Project Runway ataupun The Runway. Anda juga harus mulai belajar hidup teratur dan setidaknya mengerti dasar-dasar ilmu ekonomi, setidaknya pada awal-awal karier Anda dimana Anda harus memulai segala sesuatunya dari bawah. Bagi Anda yang memilih untuk masuk ke sekolah mode, ilmu bisnis biasanya sudah termasuk ke dalam kurikulum mereka.

2 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Punya karya desain yang keren2 tapi bingung dimana kamu bisa share di komunitas yang tepat? Bagikan saja desain kamu di fitinline.com. Gratis!

    BalasHapus