Kamis, 08 November 2012

Profesi: Jadikan Pesta Sebagai Karir anda


Bagaimana defines the best night ever bagi Anda? Mungkin salah satunya adalah berpesta dengan orang-orang terdekat, dancing all night long diiringi musik yang menghentak. Dressing up and look twice as good as the girl standing next to you. But when it comes to the job that you do for life, beberapa orang masih menganggap pesta hanyalah sarana bersenang-senang. Guess what, you’re wrong. Pesta juga bisa menjadi lahan pekerjaan yang menjanjikan lho! Bahkan, tanpa adanya orang-orang ini, pesta yang Anda jalani bisa saja berantakan!


Party Planner


Seorang party planner bertanggung jawab dengan kelancaran jalannya sebuah pesta. Bagaimana tidak, party plannerlah yang membuat rancangan pesta sedetail-detailnya berbulan-bulan sebelum pesta dimulai. Mulai dari jenis dan tema pesta, lokasi, makanan, dekorasi, hingga susunan acara dalam pesta merupakan tanggung jawab seorang party planner.


Ia juga lho yang bertanggung jawab dengan budget yang dibutuhkan! Tak hanya menghitung budget yang harus diserahkan ke client, seorang party planner handal juga harus bisa membuat party on budget yang sesuai dengan budget maksimal yang mampu dikeluarkan client. Membuat pesta yang baik dengan budget terbatas tentunya membutuhkan kreatifitas tinggi, lho! Di sinilah tantangan Anda! So, jika ingin menjadi seorang party planner, Anda harus teliti, berhati-hati and pretty well-organized.


Ingin menjadi seorang party planner? Ini bukan jenis pekerjaan yang bisa Anda lakukan dengan hanya membaca buku, Anda harus terjun langsung ke dalamnya. Mulailah dengan membentuk jasa party planner kecil-kecilan dengan teman terdekat dan tangani pesta-pesta kecil di lingkungan sekitar Anda seperti birthday party, arisan atau reuni kecil-kecilan.



Party Coordinator


Setelah party planner sukses merencanakan sebuah pesta sempurna, sekarang giliran party coordinator yang bertanggung jawab dengan kelancaran pesta. Sesuai dengan namanya, party coordinator memang harus mengkoordinir aktivitas yang berlangsung sepanjang acara sekaligus memastikan acara berjalan lancar. Mereka yang menghandle catering, decorators, MC hingga security.


Tak jarang, party coordinator juga harus menjaga mood tetap sepanjang acara berlangsung, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Dalam beberapa kasus, mereka harus turun langsung menenangkan host pesta yang seringkali terkena panic attack beberapa jam sebelum pesta berlangsung, lho! Jadi kepribadian yang tenang dan tak mudah panik sangat diperlukan supaya sebuah event bisa berjalan dengan lancar.


Menjadi seorang event coordinator tidak memerlukan pendidikan khusus, namun memerlukan jam terbang yang cukup banyak. Dengan banyaknya event dan party yang telah Anda tangani, otomatis akan lebih mudah bagi Anda menghadapi berbagai halangan pesta. Ingin mencoba jalur formal? Coba bergabung dengan jasa wedding planner atau event planner lokal untuk merasakan pengalaman langsung di lapangan.


Party Decorator


Mewujudkan tema pesta yang biasa menjadi luar biasa adalah tugas seorang party decorator. Well, tak bisa dipungkiri, dekorasi pesta merupakan salah satu elemen yang akan menyukseskan jalannya sebuah pesta. Tingkat imajinasi yang tinggi sangat diperlukan bagi Anda yang tertarik menjadi seorang party decorator, karena Anda pasti akan ditantang menyulap sebuah ruangan polos menjadi ballroom megah, atau bahkan sebuah ruangan sempit menjadi tempat makan malam glamor, semua di tangan Anda.


Anda tak harus mengantongi ijazah desainer interior dalam gelar pendidikan Anda, namun setidaknya Anda diwajibkan banyak membaca buku-buku interior dan browsing web-web desain untuk menggali inspirasi. Di waktu luang Anda, pasang mata jeli untuk melihat barang-barang unik di sekeliling Anda. Siapa tahu Anda bisa membelinya sebagai perlengkapan pesta. Karena sebagai seorang party decorator, Anda juga harus menjadi penyedia barang-barang unik yang seringkali sulit Anda temukan di tempat lain.


Menggeluti bidang ini juga menuntut Anda menjadi pribadi yang terbuka karena Anda harus menjalin hubungan baik dengan suppliers dan client. Suppliers akan membantu seorang party decorator menyediakan perlengkapan pesta mulai dari tent, chair draper, chair cover, balloon, lampu-lampu hingga table cloth!


Setelah mengumpulkan portfolio, Anda mulia bisa bekerjasama dengan resto-resto atau jasa penyedia ballroom lokal untuk mempromosikan bisnis Anda. Cukup dengan menitipkan flyer kepada mereka atau menjalin beberapa bentuk kerjasama ketika Anda sudah memiliki banyak pengalaman.


Audio Visual Team


Pesta yang keren pasti membutuhkan musik yang juga keren. What’s more, tak mungkin mengadakan pesta dengan hanya memamerkan foto-foto di beberapa board membosankan di sudut-sudut ruangan. It means a new business opportunities for you who loves music and technologies.


Ajak teman-teman Anda dengan ketertarikan yang sama untuk membentuk sebuah team audio-visual. Nantinya, team kecil Anda akan bertanggung jawab dengan list musik yang diputar selama acara berlangsung serta membuat proyeksi foto atau video yang akan mensupport keseluruhan acara. Selain membuat music list, mungkin Anda bisa mengajak teman untuk melakukan sesi DJ-ing sepanjang acara berlangsung, terutama untuk beberapa pesta anak muda seperti sweet seventeen.


Membuat team ini tentunya memerlukan pengetahuan yang luas. Tentu Anda tak mau memainkan musik yang sudah ‘basi’ atau tidak sesuai tema. So, Anda harus benar-benar mengikuti perkembangan tren musik dan mampu memberikan rekomendasi musik yang paling pas dengan tema acara. Sementara bagian visual harus banyak mempelajari software yang mendukung pembuatan projection mapping dalam format 3D ataupun 4D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar