Selasa, 02 April 2013

Kapan Merekrut Pegawai Baru?


Salah satu tugas terpenting seorang wirausaha adalah memimpin dan mengelola pegawai. Selain harus memastkan bahwa para pegawai punya posisi dan fungsi yang tepat, mereka juga dalam jumlah yang pas, agar perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

Kini usaha Anda berkembang pesat, dan Anda pernah berpikir untuk menambah pegawai baru. Namun, Anda masih belum yakin benar, apakah ini memang pilihan yang tepat. Nah, enam tanda berikut ini mungkin bisa membantu:

1. Para pegawai bekerja dengan sangat keras, dan mereka menunjukkannya dengan lisan ataupun tindakan, supaya Anda tahu. Mereka misalnya mengeluhkan terlalu banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan.

Keluhan semacam ini umum terjadi, dan tugas Andalah untuk memastikan apakah ini memang benar. Caranya, cobalah berbicara dengan mereka dan mintalah untuk menunjukkan bahwa mereka memang overworked. Lalu bandingkan dengan jumlah kehadiran serta tingkat produktivitas mereka.

Jika temuan Anda menguatkan klaim mereka, Anda bisa memutuskan untuk me-reorganisasi dan memperbaiki peran serta dan tanggung jawab para pegawai, agar bisa terdistribusi lebih sesuai dan bisa mengikut alur kerja sekarang. Atau, Anda bisa menggunakan informasi baru ini sebagai panmduan untuk merekrut pegawai tambahan.

2. Pegawai minta dikurangi 1 atau 2 tugasnya, atau minta tambahan waktu atau lembur untuk menangani pekerjaan yang sekarang ada.

3. Grafik penjualan produk atau layanan Anda meningkat stabil, bukan sekadar naik karena ada satu atau dua konsumen yang tiba-tiba membeli dalam jumlah banyak.

4. Anda melihat kesempatan untuk berkembang di usaha Anda, atau di industri yang berkaitan dengan produk Anda. Anda juga telah menimbang-nimbang risiko yang mungkin timbul, dan akhirnya memutuskan sekaranglah waktunya untuk berekspansi. Namun staf yang ada tidak bisa atau tidak mampu untuk memegang tanggung jawab tambahan ini. Jadi satu-satunya jalan adalah menambah staf.

5. Pengetahuan dan ketrampilan pegawai yang ada sudah bagus untuk tingkat produksi sekarang, namun untuk berekspansi, Anda butuh pengetahuan dan skill yang lebih tinggi, atau butuh skill lain yang tidak dimilki staf-staf Anda sekarang ini.

6. Tingkat pendapatan usaha sudah sesuai atau melampaui target, dan Anda yakin trennya terus meningkat. Daripada memberi bonus kepada Anda atau para pegawai yang ada, Anda berpikir lebih baik uangnya untuk menambah pegawai baru agar tetap bisa mempertahankan tingkat keuntungan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar