Minggu, 21 April 2013

Muak Dengan Pekerjaan?

Berikut ini beberapa kiat yang bisa membantu Anda melewati hari-hari berat dalam menghadapi pekerjaan:
1. Susun sasaran setiap minggu 
Dengan memiliki tujuan, Anda akan lebih mudah melewati hari demi hari. Walaupun tidak menyukai pekerjaan yang sekarang, ada sesuatu di luar sana yang dapat membuat Anda bahagia.
Siapkanlah sasaran setiap minggu dalam mencari kesempatan emas. Mungkin dalam satu minggu pertama Anda harus mempersiapkan beberapa surat lamaran dan mengirimkannya ke perusahaan-perusahaan yang Anda incar. Kembangkan jejaring, karena jejaring yang luas dapat mendekatkan Anda pada sasaran yang Anda tuju.
2. Kerjakan satu hal setiap hari 
Untuk membantu mencapai tujuan, lakukan satu hal penting setiap hari. Pada saat bangun pagi, susun sasaran harian untuk diri sendiri, dan pastikan Anda berhasil melakukannya. Hal ini akan memberikan perasaan puas dan membuat Anda merasa lebih nyaman.
3. Sisihkan waktu untuk menenangkan diri 
Berangkat ke tempat kerja dengan perasaan tidak senang akan memperburuk suasana hati. Anda akan merasa stres, terburu-buru, dan jenuh. Oleh karena itu sebaiknya sisihkan beberapa waktu untuk menenangkan diri dan berdoa. Minum kopi atau teh hangat, bangun lebih pagi, sempatkan baca koran atau menyetel televisi, dan pasang lagu kegemaran Anda. Menyambut pagi hari dengan suasana hati yang bahagia akan mempengaruhi hari Anda.
4. Ciptakan kenyamanan di tempat kerja 
Apakah Anda merasa sangat tidak betah pada saat berada di kantor, dan rasanya ingin selalu keluar ruangan? Apakah Anda sangat terganggu dan stres oleh suara dering telepon yang tidak berhenti? Lakukan sesuatu untuk membangkitkan suasana hati agar menjadi bersemangat dan bergairah.
Ganti screensaver komputer Anda dengan gambar yang menyejukkan seperti air terjun, gunung atau lautan. Pasang kalender yang berisi gambar lucu-lucu, dan bila perlu makan siang di luar kantor untuk mengurangi kejenuhan.
5. Tambah wawasan Anda 
Manfaatkan waktu Anda untuk menambah wawasan. Membenci pekerjaan tidak berarti Anda tidak dapat mempelajari keterampilan-keterampilan baru. Gunakan waktu luang untuk mengikuti kursus-kursus yang Anda perlukan untuk menambah wawasan. Bila perusahaan menawari untuk mengikuti pelatihan, jangan ditolak. Ubah pola pikir Anda dengan memanfaatkan pekerjaan yang membosankan ini menjadi kesempatan untuk memperbaiki diri.

6. Redakan stres
Setiap orang punya cara berbeda untuk meredakan stres. Carilah cara yang paling manjur untuk Anda. Bila di dekat kantor ada salon atau tempat kebugaran, manfaatkanlah waktu makan siang Anda dengan melakukan massage, pijat refleksi, creambath, atau fitnes. Percayalah, Anda dapat melewati sisa hari Anda dengan lebih santai, sehingga bisa menyelesaikan sisa pekerjaan dengan hati senang.
7. Manjakan diri Anda
Beli buku kegemaran, bunga, atau jajanan yang Anda sukai. Jika punya janji wawancara di kantor lain, sebelum melakukan wawancara, beli setelan baju yang membuat penampilan Anda menarik. Rencanakan liburan. Cari tahu apa yang dapat membuat Anda senang, dan realisasikan.
8. Pertahankan prestasi
Hal yang terpenting untuk diingat adalah tetap mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin, lepas dari situasi dan perasaan jenuh yang Anda rasakan. Susun target dan manfaatkan keberhasilan Anda untuk menghadapi wawancara-wawancara yang akan Anda lakukan di masa mendatang.
9. Bina hubungan baik
Jangan hancurkan hubungan baik dengan rekan sekerja hanya karena Anda tidak senang dengan pekerjaan. Jaga hubungan dengan semua rekan kerja sebaik mungkin. Siapa tahu di masa mendatang Anda akan membutuhkan rekomendasi yang positif dari mereka. Anda harus menyadari bahwa reputasi harus dibina, tidak dapat diperoleh dalam sekejap.
10. Semua pasti berlalu
Bisa saja saat ini Anda merasa hanya terpaku pada pekerjaan yang sangat membosankan, dan tidak dapat melakukan apa-apa selain menerima nasib. Angkat dagu Anda dan ingatkan diri sendiri bahwa Anda bertanggungjawab terhadap masa depan Anda. Cari informasi internal, siapa tahu ada posisi baru yang sedang dibuka. Bila tidak ada, cari pekerjaan baru di perusahaan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar