Selasa, 11 Juni 2013

Cari Alasan Kuat Untuk Menang

Serena Williams, pernain tenis asal Amerika Serikat, memang patut diacungi jernpol. Mengapa tidak? Pemain yang masuk dengan wild card ranking ke-86 pada saat berkompetisi di Australian Open 2007 ini berhasil menaklukkan unggulan Mama Maria Sharapova di final. Selidik punya selidik, Serena mempunyai motivasi yang kuat dikarenakan ia mendedikasikan turnamen ini untuk mengenang kematian adik tirinya. Adakah Anda merasa kurang bersemangat atau ingin mendorong semangat Anda ke level yang lebih tinggi? Lain halnya dengan cerita CEO Chrysler, Lee Iacocca. Lee memulai kariernya sebagai seorang insinyur yang berbakat. Namun setelah lama berkarier di Ford Motor, Lee mengalami masalah dengan bosnya, Henry Ford II. Idenya untuk membuat mobil berukuran lebih kecil dengan penggerak roda depan ditolak mentah-mentah, bahkan ia dipecat oleh Henry Ford II. Hal inilah yang membuat Lee akhirnya pindah dan bergabung dengan perusahaan mobil yang hampir bangkrut, bernama Chrysler. 

Walau dalam keadaan yang serba sulit, Lee tidak mau kalah dan berusaha bangkit, salah satu motivasi terkuatnya adalah ketika ia dipecat oleh Henry Ford II. Setiap kali ia tidak bersemangat dan hampir menyerah dalam pekerjaannya, istrinya selalu mengingatkannya dengan kata-kata, "Apa yang akan dikatakan oleh Ford jika ia melihattnu dalam keadaan yang seperti ini?" Begitu mendengar kalimat itu, Lee langsung bangkit dan berusaha lebih keras lagi. Santa seperti Serena Williams dan Lee Iacocca, dapatkah Anda menemukan orang-orang dalam hidup Anda yang dapat memberikan dorongan ekstra kepada Anda?


Sebagai seorang pembicara dan penulis buku, adakalanya saya kehilangan semangat dalam menjalani pekerjaan saya. Training demi training saya berikan, ada saatnya saya juga merasa letih dan jenuh. Namun, saya selalu membawa foto anak saya dan dialah yang selalu memberikan semangat ekstra setiap kali saya tidak fokus dengan pekerjaan saya. Beberapa orang lain menceritakan kepada saya, mereka mendapat motivasi bahkan dari ejekan atau cemoohan orang lain yang mengatakan bahwa mereka tidak mampu; setiap kali mereka ingin menyerah, semangat mereka terpompa lagi hanya karena ingin membuktikan bahwa apa yang dikatakan orang tersebut tidak benar.


Sylvester Stallone ketika memenangi Piala Oscar untuk film Rocky naik ke podium untuk membacakan penolakan-penolakan atau cemoohan produser film yang mengatakan kepadanya bahwa ia tidak akan berhasil. Mungkin tepat kalimat mutiara yang dikatakan oleh Walter Bagehot, bahwa kenikmatan terbesar dalam hidup ini adalah melakukan apa yang orang lain katakan Anda tidak mampu lakukan. Apa pun pekerjaan Anda saat ini, pikirkaniah bahwa Anda adalah orang yang paling cocok dan kompeten untuk menyelesaikannya. Lihatlah semua permasalahan hari ini, dan curahkan pikiran dan keyakinan Anda bahwa Anda mampu menyelesaikannya dengan baik.


Keyakinan adalah kemampuan untuk melihat hal yang tak terlihat percaya pada hal yang luar biasa. Keyakinan inilah yang mampu membuat Anda mencapai hal-hal yang di luar nalar manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar