Rabu, 12 Juni 2013

Passion dan sinergi, kunci sukseskan industri kreatif

Industri kreatif kini tengah berkembang pesat. Bahkan berbagai industri kreatif yang bermunculan tersebut mampu mengalahkan jenis industri lain yang sudah terkenal, seperti transportasi dan real estate. Bagaimana bisa?

Melalui sebuah acara bertema "Dynamic Duo", TEDxUltima membongkar kunci kesuksesan industri kreatif, yaitu passion dan sinergi.

Dynamic Duo digelar pertama kali pada 4 Mei 2013 lalu. Di dalamnya melambangkan sinergi, di mana semangat kerjasama yang kental menjadi landasan kuat dalam melakukan pekerjaan. Dengan demikian, sukses yang diraih seseorang tak lepas dari sinergi yang dilakukannya dengan orang lain dan rasa saling percaya.

Industri kreatif sendiri terdiri dari 15 bidang, yaitu advertising, architecture, art market, handicraft, design, fashion, video and photography, game, music, performing art, publishing, computer services and software, TV & Radio, R&D, dan culinary. Sementara tiga industri kreatif yang paling dominan adalah Culinary (32,1 persen), Fashion (32,4 persen), dan Handicraft (25,6 persen).

Beberapa figur ternama di industri kreatif datang untuk berbagi kisah nyata mengenai keajaiban passion dan sinergi dalam melakukan pekerjaan mereka. Mereka adalah Addie MS, Mira Lesmana dan Riri Riza, Ahmad Arief, Ninok Leksono, Ibu Guru Kembar, dan Duo Sudarmin Then - Kris Antoni.

Ada satu hal yang mempersatukan semua tokoh di atas, yakni kepercayaannya terhadap passion masing-masing dan perjuangan pantang menyerah. Passion dan perjuanganlah yang sudah terbukti membuahkan keberhasilan. Selain keteguhan hati untuk melawan segala stereotype mengenai industri kreatif, dibutuhkan pula cinta dan semangat pantang menyerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar