Selasa, 11 Juni 2013

Tentang Motivasi dan Strategi Sebuah Resolusi

Kalau Anda seperti kebanyakan orang tentunya Anda punya resolusi di tahun  ini. Apakah resolusi ini ditulis diatas kertas ataupun hanya sekedar disimpan di kepala. Pastinya Anda punya tujuan ingin seperti apa di tahun ini.

Namun tidak banyak diantara kita yang mampu merealisasikan resolusi tahun baru. Seringnya kita jadi lupa ketika bulan mulai berganti dan kesibukan semakin bertambah. Disini saya ingin mengajak Anda untuk menyiapkan strategi membuat resolusi yang efektif sehingga Anda bisa mencapainya.

Kunci membuat resolusi yang sukses diawali dengan motivasi untuk betul-betul mengejar apa yang Anda inginkan. Kebanyakan dari kita cenderung bertindak untuk menghindari apa yang tidak kita inginkan.

Kita pergi bekerja karena kita tidak ingin kurang uang.
Kita menikah karena kita tidak ingin hidup sendiri.
Kita berolahraga karena tidak ingin sakit.

Saya mengajak Anda untuk menginvestigasi pikiran yang menciptakan resolusi Anda. Selidiki apa motivasi Anda. Apakah Anda termotivasi karena Anda menghindari sesuatu?

Keinginan besar untuk mencapai tujuan akan terus menyala apabila motivasi Anda bersumber pada apa yang betul-betul Anda mau. Bukan karena mengikuti trend orang lain atau dipaksa oleh orang tua, pasangan, teman.

Namun tantangannya adalah tidak semua orang tahu apa yang mereka mau. Seringkali saya menanyakan hal ini pada klien saya: “Apa yang Anda inginkan?”. Jawabnya:”Hhmm…tidak tahu”. Akibatnya hidup mereka pun terjebak pada rutinitas yang bisa menimbulkan kebosanan dan sikap gampang menyerah.

Motivasi untuk mencapai keberhasilan dari resolusi Anda akan berlipat-lipat kalau resolusi Anda ini mewakili keinginan dan kecintaan Anda. Tidak usah bayangkan hal yang muluk-muluk. Misalnya resolusi Anda adalah ingin sukses di tempat kerja. Dari sini Anda menyusun strategi untuk mencapai tujuan Anda ini. Tips yang ingin saya berikan adalah:

Definisikan lebih detil apa arti sukses di tempat kerja. Misalnya Anda seorang sales person, maka sukses bisa berarti bekerja lebih efektif untuk mencapai target penjualan 20 unit per bulan.
Tentukan jangka waktu kapan Anda bisa mencapai target tersebut. Tiga bulan? Enam bulan?
Susun strategi per bulan nya

Amati pikiran Anda setiap saat. Apakah Anda mulai mengeluh? Berpikirlah positif dan selalu katakan “Yes” bahkan untuk hal yang tidak Anda suka sekalipun. Dengan mengatakan “Yes” Anda terbebas dari beban dan bisa belajar dari setiap keadaan yang Anda terima.

Evaluasi progress Anda secara rutin.

Motivasi saja tidak cukup untuk mencapai tujuan. Anda perlu strategi sehingga proses menuju keberhasilan bisa berjalan konsisten. Tips diatas bisa membantu Anda untuk tetap on-track dengan resolusi Anda. Apakah itu keinginan untuk berhenti merokok atau menurunkan berat badan, Anda perlu motivasi kuat yang dibarengi strategi untuk mencapai tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar