Kamis, 23 Mei 2013

3 Pertimbangan Sebelum Kembali Kuliah

Dorongan dari teman-teman semasa kuliah telah berhasil membuat Anda kembali memikirkan pendidikan. Namun, pertimbangan ini kemudian membingungkan ketika Anda ragu sejauh mana pendidikan yang akan dijalani akan mempengaruhui karir? Berikut 3 hal yang layak dipertimbangkan sebelum Anda kembali ke bangku kuliah.

Tujuan kuliah

Ada beberapa motivasi seseorang kembali ke bangku kuliah, dan yang paling umum adalah untuk memperbesar kesempatan meraih jabatan lebih tinggi dan gaji lebih baik di tempat kerja. Lalu, apakah motivasi Anda? Pastikan, tujuan dibalik keinginan Anda kembali mengenyam pendidikan adalah baik. Dan, akan lebih baik lagi bila Anda memikirkan keuntungan jangka panjang yang diperoleh dari pendidikan, bagi karir dan masa depan.

Relevansi kuliah dengan karir

Memang tak ada keharusan pilihan jurusan kuliah disamakan dengan karir yang sekarang miliki. Namun, akan lebih baik memilih perkuliahan yang mempengaruhi pengetahuan dan skill untuk profesi Anda sekarang. Karena itu, pilihlah jurusan yang tak terlampau jauh dari karir yang telah Anda jalani selama ini agar relevansi ilmunya meningkatkan kualitas hasil kerja dan membuka peluang untuk peningkatan jabatan Anda di masa depan.

Situasi yang mendukung

Kembali ke bangku kuliah akan lebih baik bila diikuti oleh situasi dan kondisi yang mendukung. Situasi dan kondisi tersebut adalah ketersediaan materi, waktu luang, dan dukungan orang terdekat. Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk membagi konsentrasi antara keluarga, pekerjaan, dan kuliah. Lihat juga kondisi keuangan Anda untuk bekal materi yang cukup bagi biaya kuliah hingga selesai, dan dukungan keluarga yang selalu ada saat Anda membutuhkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar