Kamis, 23 Mei 2013

Soft Skills: Kualitas Pribadi Dalam Bekerja

Soft skills adalah kualitas pribadi seseorang yang meningkatkan nilainya di tempat kerja. Skills ini tidak langsung berhubungan dengan kemampuan menjalankan deskripsi kerja melainkan pada hubungan baik dengan sesama karyawan atau dengan atasan. Soft skills juga menjadi pertimbangan pemimpin perusahaan untuk mempekerjakan atau mempertahankan staff. Berikut adalah beberapa contoh soft skills yang dapat Anda miliki dan kembangkan

1. Etos kerja

Kemampuan untuk mendedikasikan diri pada pekerjaan adalah pengertian etos kerja. Hal ini termasuk bagaimana Anda berusaha menyelesaikan suatu pekerjaan karena menyadari hal tersebut adalah tanggung jawab Anda.

2. Manajemen waktu

Ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan adalah contoh manajemen waktu yang baik. Selain itu, memiliki skillsejenis ini juga berarti Anda mampu menempatkan prioritas kerja dengan baik dan tak kesulitan mengerjakan beberapa pekerjaan dalam suatu waktu.

3. Kemampuan bekerja dalam tim
Mampu bekerja dalam tim membuat Anda memiliki nilai lebih karena dilakukan tidak terbatas pada rekan yang memiliki tanggung jawab sama, tapi juga dengan rekan lain yang pekerjaannya tidak langsung berhubungan dengan Anda. Bekerja dalam tim juga termasuk kemampuan Anda berkomunikasi dengan baik sesama staf atau dengan atasan.

4. Fleksibilitas dan adaptasi

Seorang karyawan baru yang mampu melaksanakan banyak tanggung jawab dengan baik berarti memiliki fleksibilitas dan adaptasi. Beradaptasilah dengan lingkungan dan tanggung jawab di manapun Anda berada dan bekerja. Selain itu, bila sesekali pimpinan meminta Anda mengerjakan tugas yang tidak ada dalam deskripsi kerja, jangan takut untuk menerima dan mencoba membantunya.

5. Jiwa kepemimpinan

Karakteristik ini dibutuhkan untuk posisi setingkat supervisor atau untuk seseorang yang ingin meraih jabatan lebih tinggi dengan tanggung jawab mengawasi pekerjaan staff lain. Selain itu, jiwa kepemimpinan juga sangat berguna bagi staff pemula. Untuk menunjukkan potensi ini, bantulah rekan lain yang membutuhkan dan tunjukkan Anda mampu memimpin tim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar