Sabtu, 25 Mei 2013

Foto: Kunci Keberhasilan Resume

Dalam sebuah resume, foto adalah representasi diri yang melengkapi keterangan yang diungkapkan Anda lewat tulisan. Karena itulah, kehadiran foto dalam resume Anda menjadi penting dan mempengaruhi penilaian Anda di mata perusahaan. Berikut tiga poin penting memberikan foto yang baik dalam resume.

Menarik pihak perusahaan

Sempitnya waktu seorang staff Sumber Daya Manusia membuatnya tidak akan menaruh perhatian besar pada resume tanpa foto. Untuk menghemat waktu, seleksi resume terkadang dilakukan dengan memilah antara resume yang menampilkan foto dan yang tidak. Resume yang dilengkapi foto akan dipertahankan karena representasi kandidat nampak jelas, sehingga lebih menarik.

Sesuai kebutuhan profesi

Bagi beberapa profesi, seleksi secara fisik diadakan karena pekerjaan yang digeluti akan banyak membutuhkan interaksi dengan orang luar sehingga penampilan karyawan merupakan salah satu bentuk representasi perusahaan. Maka, bukan hal yang aneh bila seleksi resume di tahap awal akan juga dinilai dari foto Anda karena foto dalam resume sangat menentukan tahapan seleksi selanjutnya.

Membangun citra baik

Untuk membangun citra (image) yang baik di mata perusahaan, tampilkan foto yang menunjukkan keseriusan Anda akan pekerjaan yang dibutuhkan. Lupakan foto penuh gaya dengan gaun kesayangan karena pihak perusahaan tidak akan menilai foto secara detil seperti kelompok juri dalam pemilihan model. Tampilkan foto sesuai standar formal (pas foto), dengan tampak depan area kepala hingga pundak, pakaian rapi, senyum tanpa memperlihatkan gigi, dan dengan latar belakang foto yang netral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar