Kamis, 23 Mei 2013

Menemukan Karir dengan Passion



Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan tinggi di universitas. Tujuan berikutnya adalah dunia kerja. Namun, mengapa sampai di sini Anda kembali mempertanyakan karir apa yang sebenarnya diinginkan? Belum terlambat untuk menggali lagi apa passion alias hasrat Anda dalam karir. Maka dari itu, agar menemukan karir berdasarkan passion, jadikan beberapa hal berikut ini sebagai petunjuk.

Aktivitas favorit

Passion diawali oleh suatu aktivitas yang menimbulkan perasaan senang di hati Anda. Ingat apa saja aktifitas favorit Anda, bahkan aktivitas yang tak Anda sadari telah disenangi selama ini.

Bakat alami

Setiap orang sejatinya memiliki keterampilan yang didapatkan secara alamiah. Begitu pula Anda. Ketahui bakat alami Anda yang dimiliki tanpa didikan dari manapun.

Mata kuliah favorit

Diantara puluhan mata kuliah yang pernah dijalani, tentu ada beberapa yang paling Anda senangi. Bukan karena kemudahan mendapatkan nilai tinggi, tapi karena diikuti tanpa beban, sangat dinikmati, dan membuat Anda ingin belajar lebih banyak.

Cita-cita

Semua anak dibesarkan dengan kebebasan memiliki cita-cita. Ingatlah cita-cita apa yang sejak kecil Anda punya. Bila tak sesuai dengan kondisi Anda sekarang, buat lagi daftar cita-cita berdasarkan cakupan ilmu yang dimiliki dan profesi yang kira-kira akan Anda nikmati.

Hal yang Anda kuasai menurut orang sekitar

Terkadang, orang tak menyadari bakatnya sendiri. Dibutuhkan pendapat obyektif dari orang-orang terdekat. Tanyakan keluarga dan teman-teman dekat Anda tentang apa yang selama ini mereka lihat Anda kuasai.

Tujuan jangka panjang

Umumnya, orang memiliki tujuan masa depan yang membuatnya tahu untuk apa dia bekerja. Apa tujuan hidup Anda? Apakah ingin menjadi tentara? Ingin sering menolong orang? Atau sekedar ingin memiliki banyak materi? Dari motivasi inilah Anda dapat menemukan karir yang dijalani dengan passion.

Masihkah Anda bingung setelah mempertanyakan beberapa hal di atas? Untuk mempermudah bayangan Anda, sebagai contoh, menurut 6 hal diatas secara urut, seseorang yang senang menulis berarti memiliki bakat alami di bidang tersebut. Sehingga, ia akan lebih menikmati kuliah menulis dibanding kuliah lain. Dan, meski cita-cita kecilnya bukanlah penulis, keluarga dan teman mengetahui pasti ia dapat diandalkan untuk bidang yang satu ini. Akhirnya, ia menyadari tujuan hidupnya adalah untuk berbagi ide dengan orang lain melalui tulisan. Jadi, karir sebagai writer adalah yang paling tepat untuknya. Nah, bagaimana dengan Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar