Kamis, 23 Mei 2013

Sukarelawan: Langkah Mengembangkan Karir

Dalam nurani setiap manusia, ada kepuasan tak terkira ketika dapat memudahkan hidup orang lain. Menjadi sukarelawan, misalnya, membuat Anda ikut merasakan kebahagiaan orang yang dapat terbantu karena ketulusan Anda memperingan kesulitan mereka. Bonusnya, Anda pun dapat membangun jejaring dan mendapatkan keterampilan yang sangat berguna untuk pengembangan karir. Inilah beberapa keuntungan menjadi sukarelawan untuk karir Anda.

Memperlebar area jejaring Anda

Di balik setiap kegiatan yang melibatkan bantuan sukarela, ada pihak-pihak sponsor yang biasanya memiliki jabatan atau peran penting secara lokal bahkan nasional. Maka, memiliki jejaring dengan mereka akan sangat menguntungkan Anda. Salah satu keuntungannya adalah kesempatan kerja yang semakin luas karena referensi yang lebih banyak. Selain itu, keterampilan berkomunikasi dan menjalin relasi pun akan lebih terasah dengan membentuk jejaring (network) baru ini.

Pengalaman pada sektor kerja baru

Menjadi sukarelawan juga membuka peluang Anda untuk menjelajahi bidang kerja yang berbeda dari apa yang Anda kerjakan di kantor. Dengan kepanitiaan kegiatan secara sukarela, Anda belajar menjadi seorang humas yang baik karena terlibat langsung dalam penyelenggaraan kegiatan. Kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) juga terbentuk saat suatu waktu Anda diminta menjadi juru bicara kegiatan tersebut. Siapa tahu, di masa depan, menjadi seorang humas atau public speaker adalah pilihan karir Anda berikutnya.

Mengasah kepemimpinan

Di luar tempat kerja, memimpin kegiatan amal dengan tenaga-tenaga sukarela adalah sebuah bentuk kepemimpinan karena menunjukkan adanya inisiatif, hasrat untuk menjadikan suatu kondisi lebih baik, dan kerelaan memberikan sebagian waktu bagi kepentingan banyak orang. Usaha Anda menggalang dana dari sponsor, dan di saat bersamaan juga memimpin kelompok yang berisi banyak sukarelawan, akan mengasah kecakapan memimpin Anda. Sehingga, peluang atas pengembangan karir sebagai pemimpin akan terbuka lebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar