Jumat, 24 Mei 2013

Tanda-tanda Karir yang Salah

Kapan terakhir kali Anda merasa stres karena pekerjaan? Dan, coba ingat, sudah berapa kali Anda merasa komunikasi dengan atasan terasa buntu sehingga masalah seputar pekerjaan tak kunjung terselesaikan? Bila jawabannya adalah ‘baru-baru ini’ dan ‘sudah tak terhitung berapa kali’, mungkin Anda memang berada dalam karir yang salah. Berikut keempat tandanya.

Diluar batas kemampuan

Adalah wajar ketika seorang pekerja merasa stres karena padatnya pekerjaan di kantor. Namun, lain lagi ceritanya bila hal ini terjadi terus menerus sehingga Anda kerap merasa sangat kelelahan. Inilah pertanda tidak sesuainya porsi kerja dengan kemampuan Anda. Oleh karenanya, Anda mungkin tak tepat berada di dalam karir itu. Rundingkan mengenai masalah ini dengan atasan. Namun, bila hasilnya buntu, bersiaplah mencari karir yang baru.

Tak pernah bangga

Menyukai dan mengakui bidang pekerjaan yang digeluti adalah salah satu pertanda Anda senang menjalani dan tepat berada di sana. Namun, bila untuk mengakui jenis pekerjaan dan industri tempat bekerja Anda saja sudah terasa sulit, apalagi bila dilatarbelakangi oleh perasaan malu, jangan harap Anda bisa mendapat kenyamanan dalam karir dan jangan heran bila Anda tak akan bertahan lama di dalamnya.

Jauh dari keahlian yang dimiliki

Anda terlanjur memilih bidang kerja yang jauh berbeda dari ilmu dan keahlian yang sebenarnya. Tak masalah bila perlahan Anda menikmatinya. Namun, bila dijalani dengan rasa menyesal karena skill Anda yang tak lagi digunakan, ditambah tempat kerja yang tak mendukung usaha Anda mempertahankan skill yang ada, mungkin sudah saatnya melirik karir baru di tempat lain.

Tak bersosialisasi

Tanyakan pada diri sendiri, apa yang membuat Anda memilih menjauh dari kumpulan rekan di tempat kerja meski tak ada masalah dengan perilaku mereka? Karena, bisa jadi, justru Andalah yang kurang mampu menyesuaikan diri. Berbeda halnya bila perbedaan karakteristik Anda dan lingkungan kerja sangat mengganggu, dan mempengaruhi performa kerja Anda. Bila hal itu terjadi, mungkin sudah saatnya mendapatkan atmosfer kantor lain yang membuat Anda lebih mudah beradaptasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar