Jumat, 24 Mei 2013

Pola Makan Sehat di Tempat Kerja

Seorang pekerja seperti Anda terbiasa dengan rutinitas yang sama, waktu yang terbatas, dan tempat kerja yang tertutup setiap harinya. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki pola makan yang tak sehat, yaitu dengan banyak makan agar menghindari kantuk dan stres, atau melewatkan makan karena kesibukan yang tiada henti. Berikut tips agar rutinitas makan Anda menjadi lebih sehat di tempat kerja.

Membawa bekal dari rumah merupakan salah satu cara paling baik. Makanan bekal lebih terjamin kesehatannya karena proses pembuatannya diketahui (apabila dimasak sendiri) dan cenderung tidak mengandung pengawet, seperti makanan yang dibeli di luar. Selain itu, dengan membawa bekal, Anda pun dapat berhemat.

Mengatur porsi makan juga salah satu langkah menerapkan gaya hidup yang lebih sehat di tempat kerja. Kalaupun harus membeli dari luar, pastikan porsi makanan yang Anda konsumsi mengenyangkan, namun tidak berlebihan. Perut yang terlalu kenyang justru membuat Anda lebih mudah mengantuk dan berusaha mengusir rasa kantuk itu dengan minum atau memakan cemilan berkalori tinggi. Akhirnya, berat badanpun menjadi tidak terkendali.

Ketahui pula asupan nutrisi yang baik dan seimbang bagi Anda dari berbagai sumber, misalnya internet. Ini dilakukan agar Anda mengetahui dengan pasti kebutuhan nutrisi dan mineral untuk tubuh, dan menyesuaikannya dengan bekal atau makanan dari luar yang dibeli.

Sebaliknya, bagi Anda yang justru sering melupakan makan, sisakan selalu waktu di tempat kerja untuk makan. Jangan melewatkannya karena makanan merupakan sumber tenaga dan konsentrasi untuk bekerja dengan maksimal. Setiap pagi, usahakan untuk sarapan bergizi, dan isi waktu istirahat siang Anda dengan mengonsumsi makanan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar