Minggu, 19 Mei 2013

Strategi Menjalin Pertemanan di Kantor


Semua orang butuh teman untuk bisa diajak bicara dan berbagi, begitu pun ketika di kantor. Walau begitu, tak jarang orang yang menyarankan untuk lebih berhati-hati ketika menjalin pertemanan di kantor.

Kantor merupakan tempat di mana berkumpulnya orang-orang profesional yang memiliki tujuan yang sama yakni kesuksesan. berhati-hatilah, kadang kesuksesan bisa diraih dengan cara yang tidak 'halal' yakni dengan menjatuhkan rekan lain.

Nah, pertemanan yang salah dan cara komunikasi yang tidak tepat itulah yang dapat menjadi senjata rekan lain untuk menjatuhkan karir Anda. Ada strategi khusus dalam menjalin hubungan pertemanan antar sesama rekan kerja. Dilansir dari Times of India, ini dia tiga hal penting yang perlu Anda ketahui ketika berteman dengan rekan kerja.

1. Hindari Gosip
Jangan bergosip atau mengeluh tentang atasan atau pekerjaan Anda. Meskipun salah satu dari mereka merupakan teman terbaik Anda di kantor. Anda tidak akan pernah tahu kapan seseorang dapat berubah dan menghancurkan karir Anda.

2. Hindari curhat masalah pribadi
Sekedar membahas perkembangan anak wajar saja dibicarakan dengan rekan kerja lainnya. Namun, berhati-hatilah ketika membahas kehidupan rumah tangga, keuangan atau rencana liburan Anda. Ini bisa menjadi bumerang untuk Anda, lebih baik simpan rapat-rapat kehidupan pribadi Anda. Jangan sampai orang lain menyalah artikan curhatan Anda.

3. Jangan menyebarkan masalah orang lain
Menjalin hubungan yang baik antar rekan kerja adalah dapat menjaga profesionalisme. Untuk itu, jangan sekali-kali menyebarkan masalah kolega ke rekan kerja lainnya. Anda bisa dicap sebagai penyebar gosip dan tidak lagi dipercaya oleh rekan kerja.


Yang namanya kerja, pasti kita dihadapkan pada banyak tipe rekan kerja. Selain rekan kerja yang menyebalkan, ada juga, lho, rekan kerja yang justru bisa membantu memajukan karier Anda. Rekan kerja yang seperti apa, sih, yang bisa membuat hari Anda terasa lebih ringan?

Si Pemegang Kunci
Pegawai yang paling berpengaruh di dalam suatu perusahaan tidak harus selalu dari jajaran para pimpinan. Tidak sedikit pegawai yang berusaha sekuat tenaga untuk mencari perhatian dari para pimpinan perusahaan, dan mereka sering tidak menyadari bahwa seorang pegawai administrasi atau sekretaris eksekutif yang sering dianggap bukan siapa-siapa justru merupakan orang-orang yang berperan di balik layar.

Orang-orang ini memegang kunci informasi apa yang menjadi prioritas para pimpinan, termasuk jadwal dan suasana hati para pimpinan tersebut. Memiliki hubungan baik dengan mereka akan memudahkan Anda, terutama di saat-saat keadaan darurat. Mereka juga dapat memberi masukan yang berharga atas kapan Anda dapat atau tidak dapat bertemu dengan bos untuk berkonsultasi soal pekerjaan.

Si Pemerhati Gosip
Tidak seperti mereka yang senang menyebarkan gosip, si pemerhati gosip benar-benar mengetahui perkembangan perusahaan yang relevan, serta paham betul dengan politik perusahaan. Si pemerhati gosip tetap menjalankan tugasnya dengan baik, dan selalu memasang telinganya tanpa perlu ikut bergabung untuk ngerumpi.

Menjalin hubungan baik dengan orang yang dapat menyimpulkan informasi serta dapat menyaring apakah informasi yang digosipkan memang betul atau tidak sangatlah penting bagi Anda, terutama di masa-masa peralihan. Bisa jadi si pemerhati gosip mengetahui tentang rencana proyek perusahaan, pemotongan dana atau pengurangan pegawai sebelum informasi disebarkan melalui jalur resmi.

Tidaklah rugi memiliki teman yang dapat dipercaya terutama jika perubahan penting tersebut memang terjadi, Anda sudah tahu jauh hari sebelumnya.

Si Makhluk Sosial
Paling tidak di setiap perusahaan selalu ada tipe orang yang tampaknya kenal dan berhubungan baik dengan semua orang. Dekati mereka. Mereka tidak pernah lupa muka, nama atau detail mengenai orang-orang di perusahaan. Dekat dengan mereka akan dapat membantu Anda terutama jika Anda seorang yang pemalu atau merupakan pegawai baru di perusahaan.

Orang seperti ini pintar berbicara dan berkolaborasi; mereka dapat membantu Anda menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan memudahkan Anda untuk berkenalan dengan pegawai dari departemen lain. Perhatikan cara mereka berkolaborasi ataupun berinteraksi. Cara ini dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan interpersonal Anda dan kemampuan untuk berkolaborasi dengan yang lain.

Si Tenang dan Berpengalaman
Mereka adalah orang yang berpengalaman dalam temperamen dan tidak bisa diidentifikasikan oleh usia. Di saat-saat yang sangat sibuk dan dikejar deadline, mereka tetap dapat menyelesaikan tugas dengan cara yang tenang dan efisien. Mereka tidak sungkan-sungkan untuk membagi pengalaman saat menghadapi saat-saat yang sulit dan menegangkan serta memberikan kiat-kiatnya. Tidak peduli apakah Anda mencari mereka untuk meminta saran atau menjadikan mereka mentor Anda, pekerja yang tangguh dan bijaksana ini sangat penting untuk ditiru.

Mengetahui hubungan yang tepat dan berpengaruh di tempat kerja sama pentingnya dengan mengerti siapa yang harus didekati, dan siapa yang harus dijauhi. Oleh karena itu, kenali tipe rekan kerja yang telah disebutkan sebelumnya di tempat kerja Anda, dekati mereka --- tidak pernah ada kata terlalu cepat atau terlambat untuk memulai suatu hubungan yang sangat berharga ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar