Kamis, 23 Mei 2013

Tips Singkat untuk Meja Kerja Anda

Setelah mengatur area kerja Anda, kini saatnya berfokus mengatur meja kerja.

Meja kerja kita dengan mudah dapat menjadi kacau balau dan tidak teratur dengan aliran dokumen-dokumen yang masuk, file-file, dan bermacam-macam kertas. Anda dapat dengan mudah mengatasi kekacauan ini dan merasa senang di tempat kerja dengan beberapa tips sederhana berikut ini.

Selesaikan Pekerjaan berkas-berkas Segera

Sebuah aturan yang bagus adalah segera menyelesaikan urusan berkas-berkas. Kategorikan dan tandai setiap kertas sesuai dengan prioritasnya – Segera, Ditunda, Diarsipkan, atau Diabaikan.

Pisahkan berkas-berkas

Setelah Anda mengkategorikan dan menandai prioritas berkas-berkas Anda, pisahkan berkas-berkas tersebut. Dapat Anda atur di rak, atau rak dokumen bersusun yang portable. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan rak susun portable Anda dapat memberi label rak yang paling atas dengan ‘Segera’, yang tengah Anda beri label ‘Ditunda’ dan yang paling bawah diberi label ‘Diarsipkan’.

Batasi Perlengkapan kantor di atas meja

Pastikan hanya perlengkapan kantor yang penting saja yang ada di atas meja Anda, dan letakkan di dalam desk organizer yang akan menyimpan dengan rapi peralatan penting Anda seperti pulpen, pensih, gunting, klip, notes, dan lain-lain.

Batasi barang-barang personal

Ide bagus untuk memajang barang-barang personal di meja kerja Anda seperti foto keluarga dan hiasan favorit lainnya. Tapi kuncinya, jagalah agar barang-barang tersebut jumlahnya tetap minimal. Ketika Anda memulai kerja pagi berikutnya, sebuah meja kerja yang bersih akan memberikan pikiran yang lebih tenang.

Kunci untuk menjaga agar meja Anda tetap teratur adalah untuk menyelesaikan pekerjaan terkait berkas-berkas di meja Anda sesegera mungkin sebelum semuanya menjadi tumpukan yang tinggi, menjaga barang-barang di meja anda agar jumlahnya seminimal mungkin dan akhiri hari kerja Anda serta mulai hari baru Anda setiap hari dengan meja yang bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar