Kamis, 23 Mei 2013

Membentuk Citra Baik dalam Karir Baru

Memulai karir baru berarti juga membentuk kembali reputasi baik yang telah ada agar bisa terlihat di lingkungan kerja yang baru, dan memperlancar karir yang telah Anda pilih. Perlu langkah proaktif agar usaha Anda berjalan sukses dan reputasi baik Anda peroleh dalam karir dan tempat kerja baru.

Selalu dahulukan kewajiban sebelum hak

Pekerja baru kerap dihampiri perasaan ingin memiliki berbagai hak dan keleluasaan di tempat baru. Karena Anda tergolong orang baru di bidang baru, jalankan dahulu segala kewajiban yang ada untuk posisi Anda. Tunjukkan usaha maksimal Anda menjalankan semua tugas. Setelah kualitas Anda terlihat, barulah memikirkan hak-hak dalam keleluasaan bekerja untuk dibicarakan dengan atasan.

Berinisiatif tanpa diminta

Inisiatif untuk mengajukan ide-ide segar, atau menjadi pemimpin dalam proyek baru perusahaan akan menunjukkan kemampuan sekaligus keberanian Anda menghadapi tantangan dalam karir baru. Meski pimpinan mungkin ingin Anda lebih berpartisipasi dalam banyak kegiatan, berinisiatiflah untuk mengajukan diri sebelum diminta.

Pisahkan urusan kantor dan pribadi

Meski budaya kerja di lingkungan kantor Anda cenderung santai dan kedekatan antarkaryawan adalah sebuah keharusan, selalu pisahkan urusan kantor dengan urusan pribadi. Jangan terlalu tertutup dengan rekan lain, tapi jangan pula mudah mengumbar masalah pribadi kepada rekan karena bisa menjadi bumerang. Biarkan proses saling mengenal dengan karyawan lain terjadi seiring waktu, secara alami.

Bertanya sekaligus belajar

Bertanya untuk mengetahui prosedur di tempat karir baru memang wajib, namun beda halnya bila pertanyaan terlalu sering diajukan untuk hal seputar pekerjaan yang dijalani. Bertanyalah seperlunya saat menyangkut prosedur kerja, namun pelajari sendiri banyak hal lain yang perlu Anda ketahui di karir baru ketimbang menghampiri pimpinan dan kembali bertanya tentang banyak hal berkali-kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar