Kamis, 23 Mei 2013

5 Unsur Penting Menjadi Pemimpin

Sebagian orang percaya, kepemimpinan adalah bakat yang diperoleh sejak lahir. Namun, sebagian yang lainnya percaya, kepemimpinan bukanlah bakat alami, namun sesuatu yang dibentuk karena proses dan tempaan. Kedua pendapat itu ada benarnya. Dan, selalu ada unsur-unsur penting untuk menjadi pemimpin yang baik, seperti kelima hal di berikut ini.

1. Belajar dari kesalahan

Proses panjang yang Anda jalani sebelum menjejaki karir sebagai pemimpin tentu telah dilalui dengan banyak prestasi sekaligus kekeliruan. Maka, pemimpin yang baik adalah mereka yang dapat mengakui (dan bukannya lari dari) kesalahan, belajar dari kesalahan tersebut, dan tak mengulanginya lagi.

2. Menjadi contoh yang baik

Pemimpin yang hanya bisa memberi perintah pada staff namun melanggar aturan yang ia buat sendiri bukanlah contoh yang baik. Jadilah role model yang baik bagi orang lain. Bila ingin staff Anda disiplin mengenai waktu, tunjukkan pula kedisiplinan Anda dengan datang ke tempat kerja tepat waktu. Pekerja butuh sosok pemimpin yang bisa menjadi teladan dan dihormati.

3. Mendahulukan kepentingan umum

Meski terdengar klise, berusaha untuk mendahulukan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi adalah salah satu ciri pemimpin terpuji. Mempertimbangkan hak-hak pekerja dan perasaan mereka dalam membuat keputusan atau peraturan adalah salah satu bentuk empati, yang tentu akan dihargai.

4. Percaya diri

Mempercayai kemampuan dan kualitas diri sendiri adalah salah satu modal menjadi pemimpin. Hal ini termasuk bersikap positif dan optimis terhadap hasil kerja dan kemampuan memimpin bawahan, tanpa menjadi sombong.

5. Selalu maksimal

Lakukan segala tugas dan kewajiban secara maksimal dan sebaik mungkin. Dengan demikian, secara otomatis Anda telah menunjukkan kualitas sebagai seorang pemimpin dan memiliki hasil kerja yang juga berkualitas. Performa kerja yang maksimal akan menginspirasi bawahan Anda untuk perlahan menyesuaikan diri dengan meningkatkan kualitas kerja mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar