Jumat, 24 Mei 2013

Menyeimbangkan Peran Kantor dan Rumah untuk Ibu yang Bekerja

Seorang ibu yang juga bekerja di kantor memiliki dua peran utama dalam hidupnya sebagai orang tua, dan sebagai pekerja. Seringkali, ibu yang bekerja memiliki beberapa masalah dalam menyeimbangkan perannya. Berikut adalah beberapa masalah umum sekaligus tips menanggulanginya.

1. Pekerjaan rumah yang terbengkalai

Banyak para ibu bekerja yang khawatir akan rutinitas rumah yang berantakan karena harus bekerja. Hal ini bisa diatasi dengan mempekerjakan seorang asisten rumah tangga. Bagi yang masih ingin mengurus sebagian rutinitas rumahnya sendiri, ibu dapat melakukan tugasnya saat berada di rumah, atau saat akhir pekan.

2. Meninggalkan anak terlalu lama

Ibu bekerja sering merasa bersalah dan khawatir karena meninggalkan anak. Untuk masalah ini, ia bisa mempekerjakan pengasuh paruh waktu, atau pengasuh purna waktu (full time). Pilihan lain adalah meminta bantuan orang tua (nenek atau kakek si anak).Yang terpenting, berikan selalu quality time untuk anak di akhir pekan.

3. Kesulitan membagi fokus

Mengingat anak saat bekerja di kantor, atau sibuk menerima panggilan telepon saat bersama anak di rumah adalah masalah umum ibu bekerja. Atasi masalah ini dengan fokus pada pekerjaan dan peran di tempat ia berada. Saat di kantor, lupakan persoalan rumah. Saat di rumah, matikan ponsel atau perangkat elektronik lain selama beberapa jam agar anak mendapat perhatian penuh, dan ibu dapat leluasa menjalankan perannya.

4. Terlalu lelah

Dibutuhkan fisik dan mental tangguh untuk menjadi pekerja sekaligus seorang ibu. Untuk mengatasi rasa lelah ini, sediakan waktu luang bagi si ibu sendiri untuk melakukan kegiatan yang disukainya (misalnya membaca buku atau jogging).

5. Tak percaya diri

Bagi sebagian orang Indonesia, tempat terbaik bagi ibu adalah di rumah saja. Sebenarnya, semua potensi seorang ibu hanya diketahui oleh dirinya sendiri. Maka, mendengarkan pendapat orang (dan bukan kata hati) bisa membuat si ibu meragukan kemampuannya sendiri. Untuk menyikapinya, pastikan ibu mengetahui apa yang paling diinginkannya. Di rumah saja, atau bekerja di kantor? Biarkan ibu memutuskan apa yang terbaik baginya, tanpa melupakan perannya di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar