Sabtu, 25 Mei 2013

Pertanyaan-Pertanyaan Pasca Wawancara Kerja

Pasca wawancara kerja adalah masa penting karena di sinilah Anda, sebagai kandidat yang baru diterima perusahaan, mulai mengetahui detil hak dan kewajiban yang akan diterima saat mulai bekerja. Jangan bersenang hati sebelum Anda melewati masa negosiasi, yang dalam banyak perusahaan juga berarti penandatanganan kontrak ini. Ketahui apa saja hak dan kewajiban Anda sebaik mungkin melalui pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

Apakah jumlah gaji ini dapat dinegosiasi?

Tanyakan ini bila besaran gaji telah Anda ketahui. Negosiasi adalah hal wajar dalam masa pasca wawancara kerja, maka jangan sungkan membuka kesempatan baik dengan jumlah gaji yang mungkin bisa dinegosiasi. Bila jawaban mereka adalah "tidak", teruskan pertanyaan ke hal-hal lainnya.


Apakah ini jumlah total, atau gaji pokok saja?

Penting mengetahui apakah besar gaji yang ditawarkan perusahaan adalah hasil dari gaji pokok ditambah ongkos transportasi, uang makan, dan sebagainya, atau gaji pokok saja. Selain itu, pertanyaan ini juga akan membuka kesempatan Anda mengetahui ada tidaknya upah lain diluar gaji, seperti Tunjungan Hari Raya, bonus, serta penjaminan kesehatan seperti asuransi dan sejenisnya.

Boleh saya lihat deskripsi kerjanya?

Deskripsi kerja (job desc) yang tertulis di lowongan umumnya belum lengkap. Mintalah lagi deskripsi kerja posisi Anda, baca secara teliti, tanyakan detil deskripsi yang masih membingungkan atau yang Anda rasa tidak ada dalam iklan lowongan.

Bagaimana dengan hak cuti?

Menanyakan hak cuti saat negosiasi adalah penting, bukan untuk menunjukkan minat berlibur Anda tapi untuk meyakinkan diri bahwa hak libur ini akan Anda dapatkan sesuai standar yang berlaku bagi setiap tenaga kerja. Perlu diingat, cuti dapat diberikan dengan tetap mengikuti standar perusahaan dan dengan syarat serta ketentuan yang harus dipenuhi.

Kapan saya akan mulai bekerja?

Inilah pertanyaan penutup yang menyimpulkan keseriusan Anda untuk bekerja di tempat yang baru. Ada perusahaan yang menyerahkan keputusan ini pada kandidat terpilih karena kebutuhan tenaga kerja mereka yang tidak mendesak. Namun, tak jarang pula yang sudah menetapkan tanggal pasti dimulainya kerja Anda. Bersiaplah selalu akan waktu-waktu kerja yang perusahaan inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar