Kamis, 23 Mei 2013

5 Hal yang Dibutuhkan untuk Sukses



Sukses bisa diraih siapa saja dalam jenjang karir apa saja, dari para lulusan baru (fresh graduate) yang masih mencari karir hingga Anda yang belum puas dengan karir yang dimiliki dan ingin mengganti atau meningkatkannya. Ada beberapa hal mendasar yang perlu Anda miliki untuk menggapai dan mempertahankan kesuksesan dalam berkarir.

1. Mental baja

Orang sukses sering kali melewati masa lalu mereka dengan berbagai tantangan. Pendapat negatif, kritik yang tidak membangun, dan penolakan di mana-mana. Pilihlah kritik yang membangun dan abaikan pendapat dan kritik yang menjatuhkan. Semakin sering Anda ditempa, semakin kuat mental dan keinginan Anda menuju kesuksesan.

2. Persediaan dana

Ingin membangun usaha sendiri, atau ingin berpindah kota demi mengejar kesuksesan karir? Lihat dahulu bagaimana kondisi keuangan Anda. Kemandirian finansial, seperti memiliki tabungan yang cukup, sudah harus ada terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha atau sebelum keluar dari zona nyaman atas karir yang dimiliki sekarang.

3. Kepercayaan diri

Kepercayaan atas diri sendiri menumbuhkan keinginan kuat untuk terus mengejar kesuksesan. Misalnya, bila sudah lama bekerja, terampil, berprestasi, dan bereputasi baik, kenaikan jabatan mungkin kemudian ada di benak Anda. Sampaikanlah keinginan tersebut, apapun hasil akhirnya. Karena, setidaknya, Anda telah berhasil mengutarakan keinginan yang Anda yakini layak untuk diwujudkan.

4. Tujuan

Keinginan untuk berkembang dalam dunia karir butuh tujuan jelas. Bila Anda belum memilikinya, pikirkan satu tujuan jangka panjang yang ingin dicapai. Setelah itu, susun langkah pasti menuju tujuan tersebut.

5. Memiliki teladan

Mengejar kesuksesan bukanlah hal mudah, namun langkah menuju sukses akan semakin jelas dengan adanya seorangrole model alias teladan yang menginspirasi Anda. Dari teladan inilah Anda dapat termotivasi dan banyak belajar, termasuk mengikuti jejak baik mereka dalam menghadapai rintangan sebelum sampai pada keberhasilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar