Sabtu, 25 Mei 2013

Menyiasati Resume Bagi Fresh Graduate

Resume merupakan media pertama Anda untuk “menjual” kualitas diri kepada pihak perusahaan. Bagi Anda yang sama sekali belum memiliki pengalaman dan berniat melamar pekerjaan untuk tingkat pemula, kemampuan mengolah resume sangatlah penting. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat resume lebih menarik.

1. Meningkatkan keterampilan dengan kursus/sekolah

Masa menunggu panggilan kerja adalah saat yang tepat untuk mengasah ilmu dan keterampilan dengan kursus yang akan menunjang karir Anda. Kursus bahasa asing atau administrasi perkantoran, misalnya. Bila ingin lebih serius, kembali ke bangku kuliah juga pilihan yang baik. Pilihlah jenis perkuliahan dengan jam yang fleksibel sehingga memungkinkan Anda untuk tetap dapat bekerja di pagi hingga sore hari. Ragam pendidikan yang Anda tulis di resume dapat memperlebar peluang kerja.


2. Lengkapi sertifikat

Berbeda dengan kursus, sertifikat yang dimaksud di sini adalah yang didapat dari tes atau keanggotaan suatu asosiasi. Mengikuti tes TOEFL, misalnya. Sertifikat dan nilai yang didapatkan sangat berpengaruh pada resume Anda. Sedangkan, keanggotaan dalam suatu asosiasi profesional dapat menaikkan “nilai” Anda di mata pihak perusahaan.

3. Menjadi relawan

Menjadi relawan adalah salah satu cara cerdas yang dapat mengisi “kekosongan” resume Anda. Ada banyak Lembaga Sosial Masyarakat yang menyediakan tempat bagi siapapun yang ingin bekerja dengan sedikit atau tanpa imbalan materi. Bekerja sosial bermanfaat untuk kemanusiaan dan menambah nilai kepribadian di mata perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa menambah kenalan dan membangun jejaring baru yang dapat memberi Anda kesempatan kerja.

4. Bekerja magang

Jangan ragu mencari informasi kesempatan magang di perusahaan yang Anda inginkan. Kesempatan kerja di perusahaan tersebut akan terbuka lebih lebar bila dalam resume Anda menyebutkan pernah bekerja magang di sana. Satu yang perlu diingat, magang lebih bertujuan pada pencarian pengalaman. Maka, jangan mengharapkan gaji atau imbalan besar.

5. Jangan berbohong

Menjelaskan keterampilan dan pengalaman dalam resume secara jujur sangat penting agar Anda tak terjebak dalam pekerjaan yang tidak Anda kuasai. Jangan pula berbohong mengenai pendidikan Anda. Setiap perusahaan memiliki sanksi bagi siapapun yang memberikan informasi palsu, dan Anda tentu tak ingin terlibat di dalamnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar