Kamis, 23 Mei 2013

Ekstrakulikuler Sebagai Penunjang Karir

Masa kuliah idealnya digunakan untuk belajar dan berprestasi. Namun, akan lebih baik bila dalam periode 3 hingga 5 tahun tersebut terisi berbagai hal yang menunjang karir di masa depan. Untungnya, pelatihan di masa kuliah yang menunjang karir umumnya dalam bentuk ekstrakulikuler yang tidak seformal pelatihan biasa dan tidak seketat sebuah tempat kerja. Berikut beberapa contoh ekstrakulikuler di masa kuliah yang bisa dijadikan pelatihan untuk menunjang karir Anda.

Kegiatan Olahraga

Kecakapan olah raga dapat membentuk team building, kepemimpinan (leadership), dan kerja sama dalam tim. Selain itu, bila dilakukan secara berkelanjutan, olah raga juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, semangat, dan antusiasme yang kelak akan sangat berguna ketika menghadapi wawancara kerja. Bonusnya? Kebugaran Anda pun terjaga karena karir yang baik dimulai dari tubuh yang sehat.

Komunitas Debat

Mengikuti komunitas debat akan membuat Anda memiliki kemampuan untuk mempertahankan pendapat secara logis karena diikuti oleh bukti, dan bukan dengan perasaan. Kemampuan mempertahankan pendapat ini akan menjadikan Anda tegas dalam mengambil suatu keputusan. Selain itu, kepercayaan diri berbicara di depan umum (public speaking) yang dibutuhkan dalam karir pun meningkat.

Pecinta Alam

Mereka yang senang berinteraksi dengan alam melalui komunitas ini cenderung memiliki keberanian yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak mengikuti. Selain itu, bergabung dalam komunitas pecinta alam akan melatih kerja sama dalam tim, membentuk team building dan jiwa kepemimpinan, serta menumbuhkan kepercayaan diri untuk mengambil keputusan dalam berbagai situasi.

Organisasi kemahasiswaan

Organisasi kemahasiswaan (seperti Badan Eksekutif Mahasiswa atau Senat Mahasiswa) adalah sekumpulan mahasiswa yang menggerakkan anggotanya untuk aktif dalam berbagai program yang telah ditetapkan bersama setiap tahunnya. Dengan banyaknya kegiatan untuk berbagai divisi, organisasi kemahasiswaan memungkinkan Anda untuk belajar bekerja sama dalam tim, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, meningkatkan kepercayaan diri, kreativitas, serta lebih terarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar