Rabu, 15 Mei 2013

Jangan Tunda Pekerjaan!

Yang kerap terjadi, ketidakteraturan merupakan hasil dari suatu penundaan pekerjaan. Padahal, tak sulit, kok, membuat segala sesuatu jadi teratur. Yang paling penting, kerjakan secara rutin.

1. Kembalikan ke tempatnya
Selesai mengerjakan sesuatu dan memakai sebuah barang, selalu kembalikan ke tempatnya semula atau pada tempat yang telah ditentukan. Hindari dan jangan pernah menyimpan atau membiarkannya di suatu tempat untuk sementara waktu, seperti misalnya di meja makan. Sebab, yang sering terjadi, tempat sementara itu tadi berubah menjadi tempat permanen.

Dengan menambah barang-barang di tempat penyimpanan sementara tadi, akhirnya akan membuahkan ketidakteraturan. Alhasil, Anda harus membuang waktu lebih banyak untuk merapikannya.

Jadi, jangan lupa untuk selalu secepatnya mengembalikan barang ke tempatnya semula begitu selesai dipakai sehingga tidak akan pernah terjadi kekacauan dan membuang waktu percuma.

2. Kerjakan setiap hari, secara rutin
Banyak tugas yang jika dibiarkan tidak diselesaikan, akan terus menggunung dan malah akan lebih banyak menyita waktu untuk membereskannya. Misalnya, jika Anda mau meluangkan waktu setiap hari untuk menyortir surat-surat, Anda hanya perlu 5 menit saja. Tapi jika dibiarkan sampai seminggu, pasti dapat memakan waktu sampai 1 jam, bahkan bisa lebih.

Begitu juga halnya dengan pakaian. Jika Anda mencuci baju setiap hari, maka akan menyeterika sedikit pakaian pula, tidak ada pernah pakaian yang bertumpuk kotor. Sebaliknya, jika menunggu sampai 3 atau 4 hari, Anda akan tidak tahu dari mana harus memulai pekerjaan.

Jika Anda membersihkan kamar mandi setiap hari setelah setiap orang selesai mandi, maka Anda tidak pernah mendapatkan kamar mandi yang penuh kotoran. Namun kalau dibiarkan seminggu, Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyikat lantai kamar mandi dan memerlukan lebih banyak waktu. Lagipula, kamar mandi jadi tak sehat dan tidak sedap dipandang mata.

3. Kerjakan sekaligus
Cukup sekali saja membuang dan mengambil sampah atau kertas, jangan berkali-kali, karena malah akan membuang tenaga dan waktu.

4. Buat catatan
Walaupun banyak orang punya daya ingat yang kuat, tapi tetap sekali-kali bisa lupa. Umumnya, daya ingat manusia terbatas. Jadi, mengapa harus mengambil risiko? Jika Anda harus diingatkan untuk mengerjakan sesuatu, tulis di sebuah buku catatan atau agenda. Jangan sampai lupa, karena Anda punya banyak pekerjaan lain yang akan saling berkaitan satu sama lainnya dan Anda juga tetap bisa lupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar