Kamis, 23 Mei 2013

Agar Disiplin Belajar Sambil Bekerja



Kembali ke bangku kuliah saat Anda juga sibuk mengejar karir adalah keputusan yang hebat. Namun, karena menjadi pelajar sekaligus pekerja adalah dua hal yang benar-benar berbeda, untuk konsisten belajar dan bekerja ada hal yang tak mudah. Berikut beberapa tips untuk tetap maksimal belajar sekaligus bekerja.

Ingatkan diri pada tujuan belajar

Tidak semua orang mampu menjalani dua peran dalam waktu bersamaan. Karena itu, keputusan untuk berkuliah sambil bekerja tentu memiliki motivasi tersendiri bagi Anda. Ingatkan diri apa motivasi tersebut sehingga memacu semangat Anda untuk tidak malas belajar dan tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berkembang.

Apa saja 3 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk kuliah? Baca di "3 Pertimbangan Sebelum Kembali Kuliah".

Pergunakan waktu sebaik mungkin

Meski sibuk, sebenarnya Anda masih memiliki waktu yang dapat dipergunakan untuk belajar, misalnya dalam perjalanan dari kantor menuju tempat kuliah, atau dini hari sebelum Anda bersiap kerja. Selain itu, saat di rumah, kurangi juga membuang-buang waktu dengan hal yang tak bermanfaat. Gunakan waktu senggang di rumah untuk membaca ulang materi kuliah atau menyelesaikan tugas dari dosen.

Beritahu atasan

Atasan yang baik akan mendukung usaha Anda untuk berkembang, terlebih bila bidang ilmu yang dipelajari kelak akan berguna untuk perusahaan. Beritahu aktivitas baru Anda sebagai mahasiswa agar atasan memahami kebutuhan Anda yang mungkin tidak dibutuhkan oleh pekerja lain, misalnya fleksibilitas waktu sehingga Anda tak dapat sering lembur karena bertepatan dengan waktu kuliah.

Tak menunda-menunda pekerjaan

Kebiasaan menunda pekerjaan akan membuat Anda berkutat pada hal yang sama untuk waktu yang lama, dan berujung pada stres dan kesulitan membagi konsentrasi. Selesaikan pekerjaan yang diberikan di kantor tepat waktu karena pekerjaan yang menumpuk akan membuat Anda sulit untuk fokus dalam belajar. Sebaliknya, jangan biarkan tugas kuliah Anda menumpuk bila ingin fokus bekerja.

Tetap fit dan bersenang-senang

Untuk dapat terus bekerja dan belajar, Anda perlu fisik yang sehat. Jaga asupan makanan, istirahat cukup, dan sediakan waktu untuk berolahraga. Selain itu, sisakan juga waktu untuk orang-orang terdekat Anda agar kestabilan emosi terjaga karena kebutuhan psikologis dan sosial yang terpenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar