Rabu, 15 Mei 2013

4 Sikap Positif Bekal Sukses

Pasti Anda kerap menemukan teman-teman di lingkungan Anda yang punya kebiasaan melontarkan kata-kata secara negatif.

Misalnya, ketika seorang atasan menegur bawahannya yang tak pernah mengangkat dan menjawab telepon yang berdering, si bawahan dengan cuek-nya menjawab, "Mengapa harus saya? Dari sepuluh deringan telepon yang berbunyi, sembilan telepon bukan untuk saya!"

Ya, itulah contoh karyawan negatif. Pegawai yang negatif melakukan pekerjaannya seadanya. Mereka tidak termotivasi dan tidak mempunyai inisiatif. Mereka bahkan mengatakan, "Masa kerja saya hanya tinggal 4 tahun lagi, sesudah itu pensiun dan tidak ada lagi di sini. Jadi buat apa kerja keras?"

"Memelihara" banyak karyawan negatif dalam sebuah perusahaan tentu membuat perusahaan tidak sehat. Jadi, bagaimana idealnya seorang karyawan bersikap? Tentu saja mengembangkan sikap positif.

Berikut ini empat karakter pegawai yang positif yang harus Anda terapkan untuk diri sendiri dan tim kerja Anda:

1. MENGERTI ARTI KERJA KERAS
Kebanyakan orang tahu bahwa kerja keras baik untuk perusahaan. Selain itu, kerja keras juga baik untuk pelanggan, bahkan untuk negara. Tetapi hanya seorang pemenang yang tahu bahwa kerja keras juga bagus untuk mental orang yang bersangkutan.

Kerja keras harus dilakukan, bukan karena kerja keras akan memungkinkan Anda mendapatkan penghargaan dan promosi, tetapi lebih karena akan membuat Anda menjadi seseorang yang kompeten. Tentu sangat tidak baik jika masing-masing kita berhenti peduli terhadap kualitas kerja kita sendiri.

2. MENIKMATI PEKERJAAN
Pegawai yang positif memutuskan untuk menikmati pekerjaannya! Tidak peduli apakah pekerjaan tersebut disukainya atau tidak. Tentu saja, tidak ada pekerjaan yang sempurna, dan selalu saja ada hal-hal untuk dikeluhkan. Bagi seorang pemenang, mereka memutuskan untuk menyukai pekerjaannya. Para pemenang mengambil sikap tersebut berdasarkan keputusan mereka sendiri, bukan berdasarkan perasaan yang mereka rasakan.

Pekerjaan Anda mungkin saja tidak menyenangkan, bahkan mungkin sangat menyebalkan. Tetapi sebagai pemenang, Anda akan menikmati pekerjaan Anda, tidak peduli apakah Anda menyukainya atau tidak.

3. MELIHAT SISI BAIK
Pegawai yang positif melihat segala situasi dari sisi baiknya. Setiap orang selalu melihat apa yang salah dalam suatu situasi tetapi pegawai yang positif tidak terpaku pada satu titik. Seorang pemenang tetap membuat dirinya termotivasi dengan melihat setiap situasi dari sisi baiknya dan memusatkan perhatian pada bagaimana mereka dapat membuatnya menjadi lebih baik.

Sebaliknya, pegawai yang negatif memusatkan perhatian pada hal-hal kecil yang mengganggu dan membiarkannya menghancurkan semuanya. Misalnya seorang peserta seminar yang diadakan di sebuah hotel mewah memberikan komentar negatif yang didengar semua peserta, "Sayang, ya, kursinya tidak nyaman dan makanannya pun tidak enak."

Tentu saja, seorang pegawai positif yang melihat segala situasi dari sisi baiknya dapat merupakan pengganggu bagi karyawan yang negatif. Si negatif akan melihat pegawai yang positif sebagai orang yang menyebakan, bahkan mungkin menjijikkan.

4. MELAKUKAN LEBIH
Pegawai yang positif akan bertanya bagaimana dia dapat melakukan lebih dari yang diharapkan. Setiap pemimpin pasti tahu prinsip ini: sedikit bicara tapi banyak bekerja. Pegawai positif tidak pernah puas dengan hasil pekerjaan yang biasa-biasa saja dan mereka akan merasa tidak nyaman dengan diri mereka sendiri.

Pegawai yang positif mencari tahu apa yang diharapkan dari mereka dan akan melakukan yang terbaik untuk mencapai harapan-harapan tersebut. Tidak peduli apakah melakukan sesuatu yang membuat pelanggan terpukau dengan pelayanan yang lebih baik dari yang pernah didapatkannya sebelumnya atau membuat kejutan terhadap sesama rekan sekerja dengan menawarkan bantuan ekstra. Pegawai yang positif memusatkan perhatiannya pada bagaimana dia dapat melakukan lebih bukan kurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar