Kamis, 23 Mei 2013

Meningkatkan Kerja Paruh Waktu Jadi Purnawaktu

Saat musim liburan atau hari raya, banyak perusahaan retail yang membutuhkan tenaga-tenaga kerja baru untuk memperlancar proses promosi demi meningkatkan penjualan. Sebagian orang mungkin nyaman dengan menjadi tenaga paruh waktu (part time). Namun, tak sedikit yang tertantang untuk meningkatkan status menjadi pekerja purnawaktu (full time) di tempat kerja mereka. Berikut langkah-langkah yang dapat memuluskan niat Anda menjadi pekerja purnawaktu.

Bersikap profesional
Meski status Anda hanyalah pekerja paruh waktu, tunjukkan profesionalitas Anda selayaknya mereka yang bekerja purnawaktu. Datanglah tepat waktu dan hindari kebiasaan yang menganggu aktivitas bekerja, misalnya mengecek ponsel. Tunjukkan pelayanan terbaik Anda pada pelanggan. Dari hal-hal kecil inilah kualitas pribadi Anda akan terlihat, yang membuka jalan menuju kerja purnawaktu.


Selangkah lebih maju


Sebagai pekerja yang baik, tak ada salahnya Anda menerima tawaran membantu pekerjaan saat jam kerja berakhir meski jenis tugasnya diluar tanggung jawab Anda. Saat briefing atau meeting, kemukakan saran untuk improvisasi penjualan, dan bila disetujui, praktikkan ide tersebut. Inilah cara Anda untuk jadi selangkah lebih maju dari pekerja lain, yang menunjukkan Anda layak dipertahankan.

Menjadi proaktif

Menjadi aktif saja tidak cukup untuk memperlihatkan keseriusan Anda menjadi bagian dari suatu perusahaan. Jadilah proaktif. Cari tahu apa saja lowongan yang mungkin sedang tersedia di perusahaan tersebut, dan cobalah melamar. Tidak menutup kemungkinan, manajemen perusahaan akan memprioritaskan posisi yang tersedia bagi nama-nama yang telah cukup familiar bagi mereka.


Ungkapkan keinginan

Pengawas Anda bisa jadi melihat semangat dan keseriusan yang Anda tunjukkan selama masa kerja paruh waktu. Namun, ia tidak bisa membaca keinginan Anda bila niat tersebut tidak diungkapkan. Katakan pada pengawas atau pimpinan tentang niat Anda untuk terus bekerja setelah liburan/hari raya berakhir, yang berarti kesediaan Anda menjadi pekerja purnawaktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar