Sabtu, 25 Mei 2013

5 Kesalahan Umum Wawancara Kerja

Wawancara kerja (interview) adalah tahap lanjutan penilaian setelah seleksi resume. Namun, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menjalaninya. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda hindari dalam sebuah wawancara kerja.

1. Datang terlambat

Datang terlambat untuk wawancara kerja adalah tanda bahwa Anda tidak memiliki kedisiplinan. Tidurlah yang cukup di malam sebelumnya agar Anda tidak terlambat.

2. Tidak rapi

Beberapa jenis pekerjaan tidak mewajibkan karyawannya untuk berbusana formal. Namun, mengenakan busana santai saat wawancara kerja membuat Anda dianggap tidak serius dengan wawancara tersebut. Datanglah dengan busana formal dan rapi, sehingga memberi kesan Anda seorang profesional.

Baca tips mengenai berbusana yang baik untuk wawancara kerja.

3. Tidak mempersiapkan diri

Lupa membawa dokumen yang dibutuhkan (seperti resume, fotokopi KTP dan transkrip nilai) membuat Anda terkesan tidak siap. Karena itu, jangan lupa membawa dokumen-dokumen tersebut. Cari tahu juga perusahaan yang memanggil Anda sebelum datang ke wawancara kerja. Pengetahuan Anda tentang perusahaan itu (seperti latar belakang dan sejarahnya) menunjukkan ketertarikan Anda pada posisi yang dilamar.

4. Terlalu banyak bicara atau terlalu diam

Jawablah pertanyaan pewawancara dengan singkat dan jelas. Jawaban yang panjang membuat Anda tampak tidak fokus sedangkan jawaban yang terlalu singkat menunjukkan kurangnya ketertarikan Anda pada proses wawancara. Saat diminta bertanya, tanyakanlah sesuatu untuk menunjukkan antusiasme Anda pada pekerjaan yang dilamar.

5. Bersikap kurang sopan

Menerima telepon atau memotong pembicaraan pewawancara membuat Anda dianggap tidak sopan. Matikan telepon Anda sebelum wawancara dimulai, dan dengarkan dengan seksama apa yang mereka katakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar