Sabtu, 25 Mei 2013

Langkah-langkah Menulis Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah tahap paling awal seleksi sebuah perusahaan terhadap calon karyawannya. Karena dikirimkan bersamaan dengan resume, surat lamaran juga turut mempengaruhi peluang lulus atau tidaknya Anda di seleksi ini sebelum berlanjut ke tahap wawancara kerja. Berikut tips penting menulis surat lamaran dengan baik agar Anda terhindar dari kesalahan.

1. Sesuaikan dengan posisi yang dilamar

Setiap surat lamaran kerja harus disesuaikan dengan posisi yang Anda inginkan dan ditujukan kepada perusahaan penyedia lowongannya. Jadi, usahakan surat lamaran Anda tidak terkesan umum, yaitu ditujukan untuk siapapun dengan posisi apapun. Jangan malas menulis kembali surat lamaran setiap ingin melamar sebuah posisi.

2. Sebutkan posisi dan sumber informasi

Di dalam surat, tulis posisi yang dilamar dan sumber Anda memperoleh informasi lowongan kerja tersebut. Hal ini membuat posisi yang Anda minati dan sumber informasinya mudah diketahui oleh pihak perusahaan.

3. Ungkapkan keterampilan dan prestasi Anda

Sebutkan keterampilan (skills) dan pengalaman kerja Anda yang berhubungan dengan posisi yang dilamar secara jujur dan tidak berlebihan. Selain itu, sebutkan juga nama perguruan tinggi, fakultas, jurusan, dan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) terakhir Anda.

4. Lampirkan bersama resume dan kelengkapan lain

Surat lamaran umumnya dikirim bersama dengan resume dan pas foto. Tulislah bahwa Anda melampirkan resume dan pas foto agar menjadi pertimbangan bagi pihak perusahaan untuk merekrut Anda. Sampaikan juga Anda mengharapkan dapat dihubungi mereka dan diberi kesempatan untuk mengisi posisi yang tersedia.

5. Singkat, jelas, dan benar

Seperti prinsip surat lamaran pada umumnya, buatlah surat Anda secara singkat namun jelas. Akhirnya, periksa kembali isi surat Anda. Pastikan tak ada satu kesalahan ketik pun yang terlewatkan di dalamnya karena kelalaian sekecil apapun akan mempengaruhi penilaian Anda di mata pemimpin perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar