Kamis, 23 Mei 2013

Tips Sukses Melalui Bursa Kerja



Ada dua tipe umum orang yang menghadiri bursa kerja. Yang pertama adalah para fresh graduates, yang kedua adalah orang-orang yang ingin berganti karir. Karena itulah, berpartisipasi dalam sebuah pameran kerja atau career fair adalah salah satu jalan untuk membuka kesempatan untuk meraih karir impian di perusahaan yang diinginkan. Baca tips berikut untuk mengetahui langkah-langkah agar bursa kerja yang dihadiri membawa Anda pada kesuksesan.

1. Daftarkan diri

Umumnya, bursa kerja memberi kesempatan bagi para pencari karir untuk mendaftarkan diri sebelum acara berlangsung (pre-register). Jangan lupa untuk mendaftarkan diri sebelum tanggal dimulainya bursa kerja agar memudahkan Anda memasuki area acara ketika bursa kerja tersebut berlangsung.

2. Melakukan riset

Ketahui perusahaan mana saja yang berpartisipasi dalam bursa kerja, dan apakah perusahaan incaran Anda termasuk di dalamnya. Dalam bursa kerja karir.com, daftar perusahaan yang ikut serta dapat dengan mudah dilihat di page Komunitas dan Acara. Maka dari itu, persiapkan diri sebaik mungkin karena bisa jadi akan ada wawancara kerja langsung di tempat bursa kerja.

3. Membawa resume dan portfolio

Ketika perusahaan sudah cukup tertarik dengan profil Anda, ada kemungkinan mereka akan meminta contoh hasil kerja (portfolio). Siapkan resume terbaik Anda beserta portfolio-nya.

Pelajari bagaimana membuat resume yang baik di sini.

4. Berpakaian rapi

Meski bukan wawancara kerja, pilihlah pakaian resmi dan rapi untuk dikenakan dalam bursa kerja. Ingat selalu bahwa penampilan baik adalah kesan pertama yang dinilai dari Anda.

Baca bagaimana berbusana yang baik untuk wawancara kerja di sini.

5. Networking

Menempatkan resume Anda pada stand sebuah perusahaan di bursa kerja berarti membangun jejaring (network) dengan mereka. Yakinlah Anda akan segera mendapat panggilan wawancara kerja bila persyaratan kualitas sudah terpenuhi.Networking juga dapat diciptakan dengan rekan sesama pencari karir, agar dapat saling berbagi informasi pekerjaan yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar