Sabtu, 25 Mei 2013

Memilih Busana Wawancara Kerja

Anda sudah mendapat panggilan wawancara kerja? Selamat! Kini saatnya Anda memikirkan apa yang sebaiknya dikenakan untuk menjalaninya. Penampilan adalah hal pertama yang dinilai dari Anda. Dengan tips berikut ini, berikan kesan positif sejak pertama kali pewawancara melihat Anda!

1. Jangan segan bertanya
Bertanya langsung kepada pihak perusahaan yang menghubungi Anda adalah pilihan yang baik bila Anda sama sekali tidak tahu lingkungan kerja mereka. Jangan takut akan dinilai negatif karena justru keingintahuan Anda dianggap sebuah bentuk penghargaan bagi mereka.

2. Selalu formal

Meski tak semua lingkup pekerjaan mengharuskan para pekerjanya untuk berbusana formal, alangkah baiknya Anda mengenakan busana yang berkesan formal untuk wawancara pada jenis pekerjaan apapun. Busana formal, seperti kemeja, celana bahan/rok, dan sepatu berbahan kulit memberi kesan Anda serius dengan kesempatan pekerjaan yang mereka tawarkan.

3. Rapi

Kesan formal saja tak lengkap bila tidak tampak rapi. Pastikan kemeja, celana, rok, atau jas Anda dalam keadaan bersih, tidak kusut, dan sepatu Anda tidak rusak. Jangan lupakan pula tatanan rambut Anda. Pastikan selalu rapi agar terlihat profesional.

4. Aksesoris

Tak ada salahnya Anda menggunakan aksesoris untuk menyempurnakan penampilan. Terutama bagi wanita, pilihlah kalung yang senada dengan pakaian dan tidak berlebihan. Jangan ganggu wawancara Anda dengan gemerincing dari kalung atau gelang yang digunakan.

5. Membeli

Sebagian busana formal Anda tampak tidak layak untuk digunakan dalam wawancara kerja? Jangan ragu untuk membeli yang baru. Pakaian formal yang Anda beli akan menjadi investasi. Selain dapat digunakan kembali dalam berbagai kesempatan wawancara lain, busana tersebut juga dapat digunakan saat Anda bekerja di perusahaan dan pekerjaan impian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar