Jumat, 24 Mei 2013

Manajemen Waktu untuk Orang Tua yang Bekerja

Para orang tua yang juga memiliki kesibukan di luar rumah sebagai pekerja kantoran selalu memiliki masalah yang sama: waktu. Karena, pada prakteknya, membagi waktu untuk peran sebagai pekerja kantor dan sebagai orang tua tidaklah mudah. Bagi Anda yang memilih tidak merekrut asisten rumah tangga, ada beberapa trik untuk efisiensi waktu dalam menjalankan tugas rumah dengan baik dan memastikan tak ada satu pun yang terbengkalai.

1. Belanja bulanan sekali saja

Kesibukan dan pikiran yang terbagi antara kantor dan rumah terkadang membuat Anda lalai memperkirakan jenis barang dan kuantitas yang dibutuhkan saat belanja di awal bulan. Akhirnya, di tengah dan akhir bulan Anda kembali menyisihkan waktu untuk belanja kebutuhan anak yang habis diluar perkiraan. Maka, sebelum berbelanja bulanan, perkirakan dengan pasti jenis dan jumlah barang yang akan dibeli. Selalu lebih baik lebih banyak dari pada kurang.

2. Pilih masakan yang praktis

Memasak adalah salah satu kegiatan rumah yang paling menyita waktu. Karena itu, pilihlah menu masakan yang praktis bagi Anda, misalnya jenis masakan dengan bumbu instan yang mudah ditemui di mini market terdekat. Sediakan pula masakan instan yang penyajiannya hanya perlu dihangatkan atau diseduh oleh anak Anda. Namun, ingatlah untuk tidak sering menyajikan masakan sejenis ini karena tidak sehat. Sajikan sekali dalam seminggu saja.

3. Ajari anak kemandirian

Bila anak telah dapat memahami tugas dan tanggung jawab, ajari mereka untuk melakukan beberapa hal tanpa bantuan orang tuanya. Pantau mereka di awal kemandirian ini diajarkan karena butuh waktu bagi anak-anak untuk menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut. Perlahan, kemandirian anak akan mengurangi waktu yang tersita untuk tugas Anda di rumah.

4. Temukan teman sesama orang tua

Tak ada yang lebih mengerti selain mereka yang mengalami hal serupa dengan yang Anda alami. Jalin komunikasi dengan tetangga sekitar rumah, terutama yang memiliki dua peran seperti Anda. Jangan ragu untuk saling berbagi pengalaman agar Anda tak merasa sendirian menghadapi keadaan ini. Jangan lupa juga untuk saling membantu bila dibutuhkan, terutama menyangkut urusan anak-anak Anda. Selain untuk membentuk keakraban, saling membantu juga salah satu bentuk efisiensi waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar