Sabtu, 25 Mei 2013

Memilih Tempat Kerja Dengan Bijak

Setelah proses wawancara dilalui dengan sukses dan pekerjaan sudah ditawarkan, jangan buru-buru menandatangani kontrak. Pikirkan kembali, sesuaikah tempat kerja ini dengan prinsip dan kepribadian Anda? Sebuah penawaran kerja adalah proses penerimaan antara perusahaan dan karyawan baru, yang berarti Anda turut andil menentukan keputusan akhir atas proses ini. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan menjadi karyawan sebuah perusahaan.

Arah perkembangan perusahaan

Kenali visi dan misi perusahaan dan apakah perusahaan tersebut memiliki peluang untuk terus berkembang, dan bukan hanya bertahan. Anda akan turut terjebak dalam karir yang sulit berkembang bila memilih bekerja di tempat yang juga sulit berkembang.

Pemenuhan hal-hal penting untuk karyawan

Tempat kerja yang menghargai karyawannya akan memiliki faktor-faktor yang membuat pekerja nyaman. Misalnya, budaya dan lingkungan kerja yang nyaman. Hal-hal tersebut menjadi penting karena kenyamanan pekerja akan memperkuat komitmen mereka pada perusahaan, yang menjadikan perusahaan semakin kuat dan berkembang.

Ilmu dan keterampilan pekerja digunakan maksimal

Meski tampak kurang penting, nyatanya, ilmu dan keterampilan (skills) yang tidak digunakan dalam pekerjaan menjadi salah satu faktor berhentinya pekerja. Seorang pekerja yang merasa kurang menggunakan ilmu dan skills nya dalam pekerjaan, ditambah ketidakjelasan jenis tugas yang diperintahkan akan mudah frustrasi dan akhirnya meninggalkan pekerjaannya.

Peningkatan nilai resume setelah bekerja

Setelah semua faktor dipikirkan, akhirnya, pertimbangkan juga apakah dengan bekerja di tempat yang menawari Anda akan mempermulus jenjang karir, atau sebaliknya menghambat. Hal ini karena, seorang pekerja tak bisa selamanya berharap pada satu perusahaan saja seumur hidupnya. Selain itu, pengalaman kerja di tempat yang bereputasi baik akan memperlancar jenjang karirnya, yang dibuktikan dengan rekam jejak (track record) karir dalam resume.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar