Rabu, 15 Mei 2013

6 Jalan Agar Naik Jabatan

Sementara rekan-rekan Anda yang lebih muda di kantor kerap dapat promosi jabatan, Anda tetap saja di posisi yang itu-itu juga. Padahal, soal kemampuan dan pengalaman Anda tak ketinggalan dari mereka. Hm...mengapa demikian?

Anda boleh saja merasa keberhasilan atau prestasi yang diukir sudah cukup mewakili kemampuan Anda. Tapi harus diingat, untuk mencapai sasaran karier, Anda harus sedikit mempromosikan diri agar dilihat dan diakui.Simak beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan pandangan Anda:

1. Nilai diri sendiri
Sebelum mencari tahu cara mempromosikan diri, lakukan introspeksi yang jujur terlebih dulu atas kemampuan profesional yang dimiliki. Banyak yang masih harus Anda tata ulang dan kembangkan sebelum menduduki posisi yang lebih tinggi.

2. Meningkatkan tantangan
Tak ada salahnya sesekali menjadi tenaga sukarela untuk penugasan-penugasan yang baru, bahkan yang tidak menyenangkan ataupun yang berbahaya. Kadang-kadang penawaran ini merupakan kesempatan terbaik untuk memperlihatkan kemampuan. Mungkin atasan hanya meminta bantuan secara sambil lalu, misalnya mengumpulkan dengan cepat nama-nama kompetitor perusahaan, di mana tidak seorang pun yang bersedia melakukannya karena menganggap tugas itu kelewat sepele. Padahal, mungkin saja hal itu merupakan kesempatan yang baik bagi Anda untuk mendemonstrasikan kemampuan kepemimpinan Anda.

3. Tonjolkan diri
Tunjukkan minat Anda pada perusahaan dengan ikut berpartisipasi secara aktif pada rapat perusahaan. Sebelum menghadiri rapat, tinjau ulang agenda rapat dan siapkan poin penting dari minat Anda atas topik rapat. Bila Anda hanya ingin menjadi pendengar, jangan ragu-ragu untuk berbagi ide bila memiliki sesuatu yang berharga untuk ditambahkan.

Cari juga kesempatan untuk ikut masuk ke dalam topik. Siapa tahu Anda bersedia menjadi tenaga sukarela sebagai pengajar pelatihan selama masa orientasi bagi pegawai baru, misalnya, dengan memberikan gambaran secara umum mengenai visi dan misi perusahaan.

4. Bersikap proaktif
Anda tentu pernah mendengar, "Yang penting adalah bukan apa yang Anda tahu, tetapi siapa yang Anda kenal". Pada beberapa kasus, faktor yang terpenting adalah siapa yang mengenal Anda. Bayangkan bila pada rapat direksi akan ditentukan siapa saja yang diikutsertakan pada proyek besar yang menantang, apakah ada yang menyebutkan nama Anda? Apakah orang-orang penting di perusahaan mengenal Anda serta keberhasilan yang telah Anda capai? Bila tidak, berarti Anda harus mempromosikan diri sendiri, misalnya dengan cara mengirimkan status laporan mingguan secara rinci ke atasan atau secara sukarela dan berinisiatif mewakili tim kerja atau departemen Anda bila ada kejadian-kejadian penting di perusahaan.

5. Terima pujian dengan rasa syukur
Bila seseorang memberikan pujian atas keberhasilan yang Anda capai, bagaimana reaksi Anda? Bila Anda meremehkannya dan mengatakan, "Ah, itu bukanlah apa-apa," berarti Anda memberikan kesempatan bagi orang lain untuk mengambil alih tempat Anda. Respons yang jauh lebih baik yang dapat diberikan adalah, "Terima kasih. Saya sangat senang karena ternyata hasil jerih payah dan kerja keras saya dihargai dan tidaklah sia-sia."

Anda perlu berhati-hati dalam menerima pujian yang bukan merupakan hasil kerja Anda karena dapat menciptakan ketegangan di antara sesama rekan sekerja. Jika memang keberhasilan itu merupakan hasil kerja tim, jangan pernah ragu untuk mengatakan, "Semua ini bisa berhasil karena dukungan tim yang baik. Tanpa bantuan mereka, pasti tak akan sebaik ini hasilnya."

6. Bersosialisasi
Jangan meremehkan pentingnya menghadiri acara perusahaan seperti acara akhir tahun atau ulang tahun perusahaan. Sempatkan diri untuk berbicara dengan orang-orang yang bekerja di perusahaan Anda, jangan hanya mengobrol dengan teman dekat atau dengan mereka yang sudah Anda kenal. Berpartisipasilah pada kegiatan-kegiatan khusus seperti olahraga ataupun pengumpulan dana untuk korban bencana alam. Melalui acara yang informal ini, Anda dapat mengembangkan pertemanan dan jejaring Anda di dalam perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar