Kamis, 23 Mei 2013

5 Sikap Yang Jauhkan Anda Dari Pekerjaan



Sebagian orang yang belum mendapatkan pekerjaan secara tak sadar telah menjauhkan diri mereka sendiri dari karir idaman. Sebagian lain menyadarinya, namun sudah terlambat untuk memperbaiki. Simak tips berikut agar kesalahan tak lagi dilakukan dan status "menganggur" segera bisa terlepas dari Anda.

1. Salah berpakaian

Perhatikan gaya berbusana Anda secara detil saat wawancara kerja. Pastikan formal dan rapi, sepatu yang digunakan tepat dan bersih, serta menggunakan aksesori secara tidak berlebihan. Jangan biarkan penilaian negatif melekat hanya karena Anda kurang memperhatikan detil penampilan.


2. Terlalu jujur

Menjawab dengan jujur saat interview adalah hal yang baik. Namun, sikap terlalu jujur justru memperkecil peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Karena itu, jangan mengatakan semua kekurangan Anda saat ditanyakan. Tindakan seperti ini akan membuat Anda dipandang lemah dan ceroboh.

Ketahui 5 pertanyaan wajib interview dan cara menjawabnya di sini.

3. Tak serius

Bukannya bersemangat, Anda malah minta pihak perusahaan untuk menjadwal ulang wawancara kerja dengan alasan sedang sibuk. Tunjukkan motivasi Anda dan keseriusan atas posisi yang ditawarkan. Datanglah pada interview yang dijadwalkan, dan perlihatkan profesionalitas Anda.

4. Tak bisa bekerja sama

Sewaktu ditanya tentang pengalaman bekerja dalam tim, jangan sekali-sekali bercerita tentang keburukan rekan satu tim di tempat terdahulu, sekalipun itu pernah terjadi. Anda akan dianggap tidak mampu bekerja sama, padahal kemampuan bekerja sama sangat dibutuhkan di semua tempat kerja.

Baca tips bekerja sama dalam tim di sini.

5. Putus asa

Rasa pesimis yang terlalu terlihat menurunkan nilai Anda di mata pihak perusahaan. Tunjukkan rasa optimis saat berhadapan dengan orang yang akan mempekerjakan Anda walaupun sebelumnya sering mengalami kegagalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar