Kamis, 23 Mei 2013

Menjalin Pertemanan dengan Bawahan

Setelah mendapat promosi dan meraih kursi manajemen di tempat kerja, pertemanan yang akrab dengan rekan-rekan semasa menjadi staf junior (dan sekarang menjadi bawahan) tentu hal yang Anda inginkan tetap ada. Lalu bagaimana menjalin pertemanan yang baik dan bijak dengan bawahan Anda? Inilah beberapa tipsnya.

Atur "jarak" dengan teman dekat

Bila kedekatan Anda dan beberapa bawahan dapat dikategorikan sebagai pertemanan akrab, bicarakan dengan mereka tentang batasan yang kini ada antara Anda dan mereka. Sebagai pemimpin, penting bagi Anda untuk menjaga profesionalitas dengan mengingatkan teman bahwa walau keakraban telah ada sebelum promosi, tidak ada perlakuan istimewa dari Anda untuk mereka. Sebaliknya, ingatkan mereka untuk bersikap profesional terhadap Anda, seperti juga bawahan lainnya, setidaknya di tempat kerja.

Bersikap adil
Bila poin sebelumnya mengarahkan pada kedua belah pihak, sikap adil hanya bisa bermula dari diri Anda sendiri. Bersikap adil dalam memperlakukan semua karyawan, baik teman dekat Anda maupun tidak adalah bukti adanya kapabilitas seseorang untuk memimpin dengan baik. Maka, berikan hak bawahan secara adil, termasuk dalam pembagian tugas dan kemungkinan promosi untuk mereka di masa depan.

Berhati-hati

Karena kedekatan pemimpin dan salah seorang stafnya beresiko terhadap terbocornya informasi perusahaan yang bersifat rahasia, pihak perusahaan belum tentu menyukai pertemanan dekat Anda dan bawahan. Berhati-hatilah dengan topik pembicaraan yang mengarah pada hal-hal yang bersifat rahasia mengenai perusahaan agar kredibilitas Anda tetap terjaga meski berteman baik dengan bawahan.

Bangun pertemanan diluar tempat kerja
Bawahan bisa menjadi pihak yang mengerti segala persoalan kantor dan permasalahan Anda sebagai atasan. Namun, tak ada salahnya bila Anda dapat berbicara dengan teman diluar perusahaan. Jauhi stres dengan berada di antara teman-teman yang memahami Anda apa adanya tanpa melibatkan urusan profesional. Karir Anda tetap melesat, kehidupan pribadi pun tetap berjalan maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar