Kamis, 23 Mei 2013

Rapikan Meja Agar Kerja Lebih Produktif

Sebagian besar waktu kita dihabiskan di kantor. Oleh sebab itu, menjaga ruangan dan meja kerja tetap rapi sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan dan gairah kerja.

Meja kerja yang berantakan akan berpengaruh terhadap kualitas kerja. Bekerja jadi kurang efektif karena kesulitan mencari dokumen dan tidak sedikit penelitian yang mengungkapkan meja yang berantakan memicu stres karyawan.

Jadi, rapikan meja kerja Anda sekarang! Seperti dikutip Times of India, berikut tips untuk menjadikan ruang kerja lebih rapi.

Hindari menambah kekacauan
Jika menerima surat yang tidak penting, jangan ragu untuk membuangnya. Jika barang-barang tidak berguna terus ditumpuk, membuat meja kerja Anda menjadi sarang sampah, debu dan bakteri.

Memisahkan folder
Manfaatkan laci dan lemari secara maksimal. Singkirkan dokumen yang tergeletak di meja dan letakkanlah di laci atau lemari. Simpan semua dokumen dalam file khusus dan pisahkan per-folder. Letakkan file penting di laci atau lemari paling atas yang mudah dijangkau.

Hindari makan di meja
Meskipun Anda tidak memiliki waktu untuk makan di luar kantor, hindari makan di meja kerja. Sisa makanan yang terjatuh di meja dan menempel di keyboard komputer dan menjadi sarang semut dan bakteri. Bekas makanan yang terselip berhari-hari juga dapat menyebabkan aroma tidak sedap di kubikel Anda. Sebaiknya, makanlah di pantry. Jika terpaksa makan di meja kerja, letakkanlah kertas-kertas di bawah piring atau snack Anda. Setelah makan, langsung bersihkan dan buang sisa makanan.


Singkirkan pena dan pensil yang tidak perlu
Saya punya satu pena yang saya gunakan, tapi setiap bulan tempat pensil saya akan dipenuhi dengan beragam alat tulis lainnya. Jika Anda tidak akan menggunakan beberapa alat tulis tersebut, jangan merasa bersalah untuk menyingkirkannya. Alat tulis yang tidak digunakan hanya menambah kekacauan pada meja kerja Anda. Semakin sedkit kekacauan yang Anda miliki, semakin dekat Anda untuk memiliki meja kerja yang rapi dan terorganisir.


Memiliki tempat untuk barang-barang kecil. 
Kunci, ponsel, PDA, dompet, headset bluetooth, dan lain-lain harus memiliki tempatnya sendiri. Pengaturan ideal saya adalah untuk menjaga mereka di laci dengan perangkat charger untuk berbagai item. Jika meja kerja Anda saat ini tidak memiliki laci, cobalah menyisihkan sedikit ruang yang tidak benar-benar dapat digunakan untuk pekerjaan Anda. Misalnya kotak di bawah monitor. Anda bisa menyimpan semua kabel charger di sana sehingga Anda tidak harus mencari ke mana-mana pada saat Anda membutuhkannya.


Menyusun barang-barang berdasarkan frekuensi penggunaannya
Ini adalah tips kunci untuk semua jenis pengaturan. Jika Anda menggunakan sesuatu setiap hari, letakkan benda tersebut lebih dekat daripada benda lain yang Anda gunakan hanya beberapa kali setiap minggu. Sederhana secara logika. Hal tersebut akan membantu Anda menjaga meja kerja tetap terorganisir karena Anda meletakkan benda-benda pada jarak jangkau Anda berdasarkan probabilitas bahwa Anda akan menggunakan benda-benda tersebut. Dengan demikian, benda-benda itu mobilitasnya menjadi lebih rendah sehingga kecil kemungkinan mereka menjadi tidak teratur.


Pindahkan peralatan elektronik dari pandangan
Kabel modem, wireless router, firewall, baterai cadangan, dan lain-lain tidak harus berada di meja Anda. Bahkan jika Anda memiliki cukup ruang kosong di meja Anda sekalipun. Sekali lagi, mengurangi kekacauan di meja kerja akan mengurangi energi yang harus Anda habiskan untuk menangani kekacauan tersebut. Jika Anda konsisten menjalankan tips-tips pengaturan ini, Anda dapat memiliki meja kerja dan kantor yang lebih nyaman untuk bekerja. 

Rasanya tidak Anda sadari sampai Anda memiliki setengah meja kerja ditutupi dengan kabel untuk berbagai alat elektronik. Memindahkan beberapa barang dari meja Anda dapat membantu. Beberapa pita velcro untuk mengikat kabel dapat membantu merapikan semuanya. Juga pastikan bahwa Anda memiliki kabel yang cukup panjang untuk dibelokkan. Kabel yang terlalu pendek akan menyulitkan Anda untuk mengatur mereka dengan rapi. Kadang-kadang nirkabel adalah pilihan. Dengan semakin banyaknya perangkat yang mendukung bluetooth dan WiFi, Anda mungkin dapat menyingkirkan beberapa kabel hanya dengan mengaktifkan pengaturan nirkabel. Sulit untuk menjaga permukaan meja kerja tetap terorganisir ketika Anda melihat sarang laba-laba dari kabel di atas meja kerja Anda.

Jika Anda tidak memiliki cukup laci. Anda mungkin memiliki meja kaca di atas rangka logam. Meskipun terlihat sangat keren, tidak memungkinkan banyak cara penyimpanan. Untuk kompensasi, cobalah sediakan lemari untuk penyimpanan. Anda juga dapat menggunakan rak buku dengan beberapa kotak dengan tutup untuk membantu memberi beberapa laci tambahan seperti tempat penyimpanan.


Mudah untuk mengakses file
Tanpa menggerakkan kursi atau berdiri, Anda harus dapat meraih sebuah map baru, memberikan label, dan memasukkannya ke dalam lemari arsip Anda. Kemudahan mengatur berkas-berkas adalah salah satu tips pengaturan yang paling penting. Semakin besar upaya yang dibutuhkan untuk menjalankan pengaturan, akan semakin sulit untuk menjaga meja kerja Anda tetap terorganisir.


Memindai dokumen
Jika Anda memiliki scanner, ubahlah dokumen penting Anda ke dalam format PDF dan simpan file PDF tersebut di komputer Anda. Gunakan OCR agar file dokumen Anda mudah dicari. Hal ini sangat membantu terlebih jika Anda sering bepergian, karena akan membuat dokumen-dokumen yang Anda butuhkan tersedia bersama Anda. Salah satu tantangannya adalah mencoba untuk mengidentifikasi apa yang harus dipindai dan apa yang bisa diarsipkan secara fisik saja. Cobalah untuk memikirkan dokumen apa yang akan Anda butuhkan cukup secara elektronik. Menjaga kertas dari meja Anda adalah bagian penting dari pengaturan meja kerja.


Alat-alat kebersihan
Menjaga meja kerja tetap bersih akan membantu Anda mempertahankan pengaturan yang telah berjalan. Jika Anda membersihkan meja Anda dengan cairan pembersih dan handuk kertas, pastikan Anda memiliki beberapa benda-benda tersebut dalam jangkauan Anda. Ini akan membantu Anda untuk menyeka permukaan meja kerja Anda, dan akan mendorong Anda untuk membersihkannya lebih sering. Intinya mencoba membuat hal-hal menjadi mudah untuk diri Anda sendiri.


Buku catatan kecil untuk mencoret
Sepanjang hari, Anda harus mengingat nomor telepon, nama, alamat, konfirmasi pesanan, nomor penerbangan, dan lain-lain. Jika Anda dapat menjaga semua dalam satu tempat, Anda akan jauh lebih produktif jika Anda membutuhkan sesuatu nantinya. Saya memiliki kebiasaan buruk meraih amplop, lembar tagihan, atau brosur terdekat dan menulis nomor telepon di atasnya. Dengan memiliki notebook, khususnya untuk item-item di atas, saya tidak kehilangan banyak hal lagi. Metode Franklin Planner untuk menjaga semua informasi ini di halaman buku agenda harian mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.


Pencahayaan. Pastikan Anda memiliki cukup cahaya di meja kerja Anda. Area kerja yang terang akan lebih mudah untuk tetap bersih dan terorganisir daripada area kerja yang lebih gelap.


Mengatur sebelum Anda meninggalkan tempat. 
Akan lebih efisien untuk tetap terorganisir saat Anda bekerja daripada mencoba melakukan semuanya sekaligus di akhir waktu kerja. Anda harus terus berupaya menjaga meja Anda rapi. Jika Anda mendapatkan meja Anda berantakan di tengah-tengah proyek besar, ambillah langkah-langkah kecil. Bersihkan area setengah meter kali setengah meter sebelum Anda meninggalkan pekerjaan Anda untuk hari itu. Membuat langkah-langkah kecil untuk pengaturan area kerja Anda mungkin tidak kelihatan banyak, tetapi jika Anda melakukannya setiap hari, akan mencegah kekacauan yang menuju tepat ke arah Anda.

Mengurangi barang
Kurangi pernak-pernik di meja Anda. Terlalu banyak frame foto, poster atau barang-barang lainnya membuat Anda tidak leluasa saat bekerja. Sebaiknya sisakan sedikit barang di meja kerja sebagai pemanis.

Memiliki daftar kerja
Bekerja lebih mudah jika memiliki daftar kerja. Sebelum memulai kerja, catat semua kerjaan Anda yang akan di kerjakan pada hari itu, lalu tempelkan di dekat Anda.

Manfaatkan kotak
Siapkan kotak kecil di meja kerja untuk meletakkan klip, kertas atau pena. Letakkan kotak yang sedikit besar di bawah meja, yang bisa dipergunakan untuk menyimpan majalah, CD lagu, jaket atau kaus kaki saat kedinginan di kantor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar