Kamis, 23 Mei 2013

Kesalahan Besar Pekerja Baru

Memulai pekerjaan di tempat baru berarti memulai segala sesuatunya dari awal lagi. Jangan mengharapkan lingkungan dan karir baru yang menyesuaikan diri terhadap keberadaan Anda. Sebaliknya, sesuaikan diri Anda di lingkungan baru. Hindari kesalahan-kesalahan pekerja baru berikut ini, agar hari-hari pertama Anda di tempat kerja berjalan baik dan masa depan karir di tempat baru lebih menjanjikan.

Tak beradaptasi dengan budaya tempat kerja
Budaya tempat kerja adalah segala kebiasaan yang biasa dilakukan di tempat kerja. Bila Anda tak menghiraukan cara rekan kerja berkomunikasi (lewat email, lewat chatting, atau bertemu muka), apa jenis busana yang biasa dikenakan pekerja, jam berapa biasanya kantor telah dipenuhi karyawan, dan yang lainnya, jangan heran bila seterusnya Anda dianggap tidak menyatu dengan lingkungan kantor dan dijauhi rekan kerja.

Ketahui lebih lanjut apa saja langkah untuk beradaptasi di tempat kerja baru di artikel "Beradaptasi Di Kantor Baru".

Angkuh

Tak ada orang yang menyukai rekan dengan sifat angkuh. Hindari sikap ini di manapun dan apapun karir yang Anda pilih. Meski latar belakang pendidikan Anda baik, pengalaman kerja banyak, prestasi kerja brilian, tak berarti dapat bersikap seenaknya dan memilih-milih dalam menjalin pertemanan dengan rekan kerja. Ingatlah kalimat bijak ilmu padi, yang "semakin merunduk, semakin berisi".

Tak mengerti ekspektasi atasan

Bagaimana dapat mencapai target kerja bila tak tahu apa harapan atasan terhadap hasil kerja Anda? Bila tak dijelaskan oleh atasan, tanyakan langsung padanya agar pekerjaan terarah dan sesuai, atau bahkan lebih dari ekspektasi perusahaan terhadap hasil kerja posisi yang Anda tempati sekarang.

Tak mengakui kesalahan

Sangat dimaklumi seorang pekerja baru belum memahami semua hal yang ia temui dan dikerjakan di tempat kerja baru. Maka dari itu, jangan menghindar dari kesalahan yang sudah terlanjur diperbuat. Akui kekeliruan, meski dalam skala kecil, pada rekan kerja atau pada atasan. Kejujuran Anda akan sangat dihargai dalam proses adaptasi pada lingkungan dan karir baru ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar