Kamis, 23 Mei 2013

Sukses Menjadi Pemimpin Muda

Sebagian orang mungkin menempatkan tolak ukur kepemimpinan berdasarkan pengalaman dan usia meski kualitas kepemimpinan bukanlah dari kedua hal tersebut. Jangan ragu dengan promosi Anda sebagai pimpinan baru bila segala modal utama yang diperlukan telah Anda miliki. Selain itu, untuk berhasil menjadi pemimpin muda, penting bagi Anda untuk melakukan keempat hal berikut ini.

1. Selalu lakukan yang terbaik

Inilah modal utama kepemimpinan. Prestasi. Karena itulah, untuk mencapai yang terbaik dan meraih prestasi, Anda harus mengerjakan segala kewajiban sebagai pimpinan sebaik mungkin. Jadilah perfeksionis sehingga menghasilkan yang "biasa-biasa" saja tidak akan memuaskan Anda. Tunjukkan bahwa kualitas Anda pun tak kalah dengan mereka yang berpengalaman dan berusia lebih mapan.

2. Berinisiatif dengan program baru

Salah satu keuntungan pemimpin muda adalah adanya ide segar yang belum tentu terpikirkan pemimpin yang telah berpengalaman lama. Tunjukkan kemampuan Anda untuk menjadi "out of the box" dengan merealisasikan ide-ide segar untuk program kerja baru yang tak kalah efektifnya dengan program yang telah berjalan. Jalani dengan serius sehingga hasilnya terasa bagi perusahaan dan terlihat bagi staf Anda.

3. Menjadi kepercayaan dan panutan

Tantangan menjadi pemimpin di usia muda adalah bagaimana menjadi panutan dan mendapat kepercayaan dari bawahan. Meski bersosialisasi dan komunikasi yang baik amat penting, usahakan untuk menjauh dari gosip dan kendalikan diri untuk tidak banyak mengeluh tentang pekerjaan pada bawahan. Keluhan akan membuat Anda tampak kurang profesional, dan gosip akan menghancurkan rasa percaya bawahan pada Anda.

Ayo jadi pemimpin panutan dengan "Soft Skills: Kualitas Pribadi Dalam Bekerja".

4. Memiliki mentor

Degan usia muda dan pengalaman yang belum banyak, Anda perlu orang yang berpengalaman memimpin dan dapat dijadikan mentor atau pemberi saran bagi tindakan dan keputusan Anda. Diskusikan persoalan yang dirasa tak dapat Anda selesaikan sendiri, dan bertukar pikiranlah dengan mentor ini. Anda akan mendapat saran berdasarkan pengalaman, dan mentor pun akan mendapatkan ide kepemimpinan Anda yang segar dan unik sebagai masukan untuk mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar