Sabtu, 25 Mei 2013

Ceritakan Pada Kami Tentang Diri Anda

Pertanyaan "ceritakan pada kami tentang diri Anda" adalah langkah pertama para pewawancara dalam usaha mereka mengetahui bagaimana diri Anda saat wawancara kerja. Masalahnya, banyak di antara kandidat yang menjawab secara bertele-tele, sehingga perusahaan tidak lagi berminat pada mereka. Lalu, seperti apa jawaban yang seharusnya Anda siapkan?

1. Pilih bagian yang menyenangkan

Karena singkat, pilihlah bagian cerita di hidup Anda yang menarik, sehingga memancing pewawancara untuk bertanya lebih lanjut. Selain itu, mengatakan hal yang menyenangkan juga akan mempengaruhi perasaan dan semangat Anda saat wawancara kerja berlangsung.

2. Katakan tentang Anda

Ceritakan secara singkat dalam satu atau dua kalimat tentang Anda dan keluarga. Namun, jangan mengawalinya dengan kaku, seperti "nama saya.." karena hal tersebut sudah ada dalam resume Anda dan mengatakannya kembali hanya akan membosankan pewawancara.

3. Ceritakan pendidikan Anda

Tak perlu menceritakan pendidikan secara detil. Mulailah dari jenjang sekolah menengah atas hingga kuliah.

4. Sebutkan juga pengalaman kerja

Perlu diingat bahwa pengalaman kerja yang diceritakan sebaiknya yang berhubungan dengan posisi yang tersedia, kecuali bila diminta menceritakan secara keseluruhan oleh si pewawancara.

5. Singkat, jelas, dan relevan

Ceritakan setiap bagian hidup Anda secara singkat namun jelas, dan relevan dengan tujuan wawancara, yaitu merepresentasikan diri sesuai dengan kualitas yang dicari oleh perusahaan. Maka, hindari setiap pernyataan yang kurang berhubungan dan diluar dari keempat poin sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar