Minggu, 19 Mei 2013

Konsentrasi Kerja Menurun? Ini Tips Mengatasinya


Banyak hal yang dapat merusak konsentrasi kerja. Salah satunya kurang waktu tidur. Lalu bagaimana mengatasi masalah menurunnya konsentrasi? Dilansir dari Business Tag, ini beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi kerja.

1. Tidur Lebih Awal
Banyak orang yang menunda tidur hingga ia merasa sangat kelelahan. Lelah yang berlebihan adalah musuh utama konsentrasi. Jika tidur terlalu larut, maka keadaan psikis dan fisik seseorang menurun. Untuk itu, tidurlah lebih awal dan rasakan efeknya di pagi hari. Tubuh akan lebih bugar, mood pun dapat terjaga seharian.

2. Menyiapkan Keperluan Kantor Sebelum Memulai Kerja
Ketika tiba di kantor, siapkan minuman, kertas, pulpen, data-data atau barang lainnya yang butuhkan ketika bekerja. Dengan begini, konsentrasi Anda tidak akan terpecah karena dapat dengan mudah menjangkau barang-barang yang dibutuhkan di sela-sela kerja.

3. Hindari Browsing Jika Tidak Penting
Hal lain yang dapat membuat konsentrasi terpecah adalah ketika Anda membuka situs-situs seperti Facebook, Twitter atau online shop. Tahanlah diri Anda untuk tidak membuka situs tersebut sampai pekerjaan selesai.

4. Cek E-mail Lebih Sering
Mengecek e-mail tiga hingga empat kali sehari dapat mempersingkat waktu kerja Anda. Apalagi, ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan sistem push e-mail yang memiliki notifikasi yang dapat dibuka dan dibalas segera. Cek-lah email sebelum makan siang, sebelum meninggalkan kantor dan satu jam sebelum tidur.

5. Menetapkan Waktu Fokus
Biasanya waktu orang bisa sangat fokus saat melakukan pekerjaan adalah 40 menit. Pasang alarm atau stopwatch selama 40 menit, dan dalam rentang waktu itu, mulailah bekerja dengan serius. Setelah 40 menit, Anda bisa rileks sekitar lima hingga 10 menit. Kemudian fokuskan diri kembali selama 40 menit, begitu seterusnya.

6. Hindari Melakukan Pekerjaan Secara Bersamaan
Penelitian menunjukkan, melakukan pekerjaan sekaligus (multitasking) akan memakan waktu lebih lama dibanding mengerjakannya satu per satu. Hal ini karena fokus dan perhatian terbagi. Meskipun ada beberapa orang mampu melakukannya dengan baik, tapi tidak selamanya multitasking dapat berjalan mulus. Sebaiknya, selesaikan tugas satu demi satu dengan membuat daftar pekerjaan, mulai dari yang penting sampai tidak terlalu penting.


7. Mengalahkan sosial mediaSetiap update status adalah kesempatan untuk sedikit chit chat dengan teman-teman, setiap notifikasi adalah godaan dan setiap foto yang ditempel di dinding Anda layaknya sebuah perjalanan ke dalam air biru pantai yang eksotis yang jauh dari tempat Anda berada di saat ini.

konsentrasi saat bekerja

Ketika Anda "kembali" untuk bekerja, adalah wajar bahwa tingkat konsentrasi rendah dan kinerja kerja berkurang. Apa yang dapat Anda lakukan? Sayangnya (untuk beberapa), satu-satunya solusi adalah tidak login ke Facebook dan media jaringan sosial lainnya segera setelah Anda duduk di komputer Anda. Jika Anda perlu untuk mengambil "sekilas" dari apa yang terjadi, melakukannya selama istirahat dan tidak 'lupa' untuk menutup segera. Dengan demikian, aliran posting dan terus-menerus notifikasi di twitter tidak akan mengalihkan perhatian Anda sementara Anda bekerja.

8. E-mail dari neraka
Mereka muncul tanpa pemberitahuan di kotak masuk Anda dan hampir berteriak. Bahkan e-mail yang berhubungan dengan pekerjaan mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan yang Anda lakukan pada saat ini "wajib dijawab sekarang". Apalagi e-mail teman-teman Anda, yang menganalisis apa yang mereka lakukan tadi malam atau berbagi lelucon baru yang bepergian di seluruh web.

Kami sebutkan sebelumnya, jika Anda ingin tetap produktif, daripada terus-menerus memeriksa email, mengatur waktu tertentu di siang hari untuk membaca dan merespon adalah tindakan yang tepat. Sisa hari, menjaga agar windows email klien Anda diminimize dan menonaktifkan pemberitahuan desktop. Jika ada sesuatu yang benar-benar mendesak saya yakin mereka akan menelepon.

9. Mute ponsel Anda
Mungkin suara yang paling mengganggu selain pemberitahuan e-mail adalah ringtone Anda. Hampir tidak mungkin Anda akan mengabaikan sms atau panggilan, terutama ketika kita tahu bahwa sembilan dari sepuluh panggilan adalah dari teman Anda. Untuk menghindari hal itu, men set ponsel anda dalam status diam / silent dan meninggalkannya di tas atau di laci Anda adalah tindakan yang bijaksana. Anda dapat melihat panggilan tak terjawab dan sms selama istirahat, dan jika perlu Anda memanggil mereka kembali.

10. Tidak ada kebosanan yang berlebih
Beberapa tugas yang harus kita lakukan setiap hari adalah lebih menarik daripada yang lain. Tugas membosankan adalah salah satu musuh terbesar konsentrasi: berbicara di telepon, browsing web atau bahkan membersihkan kantor tampaknya jauh lebih menarik daripada pekerjaan Anda yang membosankan. Kami menyarankan agar Anda membuat perjanjian dengan diri sendiri: untuk setiap tugas yang membosankan selesai, Anda mendapatkan istirahat sepuluh menit, kopi atau panggilan telepon ke teman.

11. Kelola stres kerja
Ini hampir mustahil untuk berkonsentrasi pada tugas tertentu ketika Anda terus-menerus memikirkan daftar tugas yang tak ada habisnya. Solusinya? Temukan cara untuk bersantai: mencoba meditasi, yoga, berbicara dengan atasan Anda tentang stres atau belajar untuk mengatakan "tidak" dan tidak memikul tanggung jawab yang Anda tidak bisa menanggapi (atau yang menyebabkan Anda stres terlalu banyak). Pergi keluar untuk berjalan-jalan, lari pagi, mengambil napas dalam atau jika semuanya gagal-mengambil hari libur. (Lihat : cara ampuh mengatasi stress)

12.  Anda lelah
Anda mungkin sudah tahu bahwa (atau membacanya di artikel kami yang lain) kelelahan dan / atau kurang tidur mengurangi efisiensi dan mempengaruhi perhatian dan memori jangka pendek. Jadi, cobalah untuk tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam setiap hari. Juga memperhatikan waktu di hari Anda dimana memiliki lebih banyak energi dan menggunakan energi itu untuk melakukan tugas yang paling penting.

13. Anda laparKurang jelas dari kelelahan, kelaparan juga merupakan salah satu musuh terbesar dari konsentrasi Anda. Jika Anda tidak biasanya istirahat untuk makan siang di kantor, sangat mungkin bahwa Anda tidak merasa lapar karena tubuh Anda tidak terbiasa makan siang. Ini adalah alasan mengapa Anda tidak bisa berkonsentrasi, karena Anda tidak memiliki energi.

Apa yang harus dilakukan? Pertama, jangan pernah melewatkan sarapan. Selain itu, hindari karbohidrat seperti permen dan pasta, dan memilih biji-bijian untuk makan siang Anda. Juga, cari tahu mana makanan dapat meningkatkan memori dan konsentrasi.

14. Memakai headphone AndaSebuah resep yang telah terbukti untuk menjaga konsentrasi Anda (dan integritas mental Anda saat berada di kantor) adalah memakai headphone. Ini adalah cara ideal untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda bekerja pada sesuatu yang penting dan tidak punya waktu untuk ngobrol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar