Rabu, 15 Mei 2013

Profesi Ganda, Mengapa Tidak!

Demi menyiasati kebutuhan hidup yang terus meningkat, banyak karyawan atau pegawai kantoran memiliki profesi ganda. Gaji bulanan bukan lagi menjadi satu-satunya pemasukan, karenanya kerja keras memang diperlukan untuk memenuhi apa yang diinginkan dalam hidup.

Selain menguntungkan, melakukan lebih dari dua pekerjaan sekaligus butuh trik khusus. Agar keduanya berjalan lancar, simak kiat berikut!

# Teliti Sebelum Membeli
Sebelum Anda memutuskan melangkahkan kaki menjajaki profesi ganda, telitilah segala hal yang berhubungan dengan kontrak kerja Anda, cermati peraturan perusahaan yang tertulis dan tidak tertulis, apakah ada hukum yang mengikat atau tidak, dan jangan lupa berkonsultasi dengan pihak Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan tempat Anda bekerja. Bila Anda saat ini bekerja di perusahaan yang secara jelas tidak melarang karyawannya berprofesi ganda, tunggu apa lagi? Go for it!

# Tahu Diri
Mengumbar segala hal yang berbau profesi lain di tempat kerja Anda saat ini sama sekali tidak layak. Pada jam kantor, Anda digaji untuk bekerja dengan baik, berkomitmen, dan bertanggung jawab pada tugas-tugas yang harus Anda tangani. Jadi, bila Anda merasa sebagai seorang profesional, seharusnya mengetahui dengan pasti, kapan saatnya untuk bekerja dengan sepenuh hati di perusahaan saat ini, dan kapan harus membicarakan profesi lain yang Anda jalani.

Ingat, dinding pun bertelinga dan jangan sampai lengah karena Si Sirik ada di mana-mana! Jangan sampai profesi Anda di tempat lain pada akhirnya justru memusnahkan karier Anda di tempat bekerja saat ini.

# Ingat! Utamakan Pekerjaan
Setidaknya, terlebih dahulu Anda harus memikirkan dengan matang sebelum menjalani profesi satunya lagi. Jika sudah mantap, jangan sampai profesi Anda yang lain justru menyita waktu kerja Anda di kantor.

Aturlah waktu Anda sebaik mungkin. Buatlah jadwal yang ketat untuk hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan satu per satu, dengan tetap mengedepankan pekerjaan utama Anda saat ini. Dengan memiliki profesi ganda, Anda seharusnya sudah tahu akan resiko kehilangan banyak waktu karena harus berada di dua tempat sekaligus dalam kurun waktu 24 jam.

#Seimbangkan Kehidupan Pribadi
Biasanya bila kita menjalani suatu hal baru dalam kehidupan ini, tak jarang waktu dihabiskan untuk bekerja, bekerja, dan bekerja. Padahal, sebagai manusia kita juga membutuhkan beristirahat, dan terutama memiliki interaksi dengan kehidupan pribadi.

Bagi Anda yang sudah menikah dan memiliki buah hati, perlu menyeimbangkan waktu dan energi Anda bagi mereka. Dan bagi yang belum, bukan berarti Anda boleh memforsir diri terus menerus, tak kenal lelah bak pejuang di medan perang.

Take a break , berolah raga, dan istirahatlah. Lakukan hal-hal yang relaks dan menyenangkan. Selain baik untuk tubuh dan batin, baik juga untuk membuat isi kepala Anda segar. Bila otak segar, niscaya ide-ide akan mengalir lebih leluasa dan akan berguna bagi perkembangan kinerja Anda di tempat kerja dan profesi lainnya.

# Fly Me to the Moon
Bila usaha sampingan perlahan-lahan telah menunjukkan hasil yang baik, jangan terburu-buru mengambil tindakan untuk segera hengkang dari kantor Anda saat ini. Ingat, Anda harus berjalan dalam garis perencanaan yang matang, dan telah disusun sejak awal.

Bila memungkinkan, usaha yang Anda geluti sebagai profesi tambahan ini, dapat berjalan sendiri dan cukup dikendalikan dari jauh. Dengan kata lain, berjalan tanpa perlu kehadiran Anda secara fisik di lokasi. Tentu akan sangat meringankan, bukan?

Jadi tetaplah pada pekerjaan Anda saat ini, hingga Anda benar-benar menemukan momentum beralih profesi 100 persen. Artinya, Anda memutuskan untuk kembali pada satu profesi saja. Dan jangan sombong atas keberhasilan usaha Anda. Tetaplah merunduk untuk belajar dan belajar terus, tanpa pernah lupa pada komitmen awal sebagai seorang profesional tangguh yang sanggup menjalani lebih dari satu profesi. Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar